get app
inews
Aa Read Next : Hayu Dyah Patria, Ahli Teknologi Pangan Asal Sidoarjo, Penemu Inovasi Kekurangan Gizi dengan Tanaman

Dua Kali Erupsi Beruntun, Gunung Semeru Status Waspada

Kamis, 10 Oktober 2024 | 13:44 WIB
header img
Gunung Semeru mengalami dua kali erupsi beruntun pada Kamis (10/10/2024) hari ini. (Foto: PVMBG)

JAKARTA, iNewsTuban.id - Gunung Semeru mengalami dua kali erupsi beruntun Kamis (10/10/2024) hari ini. Erupsi ini terjadi pukul 05.22 WIB dan 05.45 WIB.

 

Gunung Semeru yang secara administratif terletak dalam dua kabupaten, yaitu Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur itu kini masih berstatus Level II Waspada. Laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan erupsi masih berlangsung saat laporan dibuatn namun tinggi letusan tidak terlihat.

 

“Terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari Kamis, 10 Oktober 2024, pukul 05:45 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 600 meter di atas puncak (± 4.276 meter di atas permukaan laut),” ujar Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Liswanto, Kamis (10/10/2024).

 

Liswanto melaporkan kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang ke arah barat daya. Saat laporan ini dibuat erupsi masih berlangsung.

 

Dia mengingatkan masyarakat agar tidak beraktivitas apa pun di sektor tenggara sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 8 km dari puncak (pusat erupsi).

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut