get app
inews
Aa Read Next : SBI Pabrik Cilacap Raih Penghargaan Terbaik Good Mining Practice Award Provinsi Jawa Tengah 2024

Pasca Lebaran Ketupat, Pengrajin Selongsong Ketupat di Tuban Kebanjiran Pembeli

Selasa, 10 Mei 2022 | 22:37 WIB
header img
Pedagang selongsong ketupat dadakan ramai didatangi pembeli ( Foto : Ist )

TUBAN, iNews.id - Tradisi Lebaran Ketupat menjadi berkah bagi pengrajin selongsong ketupat dadakan di Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Dagangan mereka laris dibeli oleh warga yang tidak bisa membuat sendiri maupun yang enggan bersusah payah merangkai daun lontar ataupun janur kelapa.

Para pengrajin dan penjual selongsong ketupat dadakan di pasar Bongkaran Kecamatan Semanding didatangi oleh pembeli yang silih berganti. Sedikitnya dua ribu selongsong ketupat bisa terjual dalam sehari. Banyaknya kebutuhan selongsong ketupat membuat para pengrajin harus bekerja ekstra merangkai daun lontar sambil melayani pembeli.

Salah satu pedagang selongsong ketupat Kasiyani mengatakan, selongsong ketupat yang ia jual terbuat dari daun lontar. Dijual dengan harga Rp 25.000 hingga Rp 30.000 per ikat isi sepuluh biji tergantung dari ukuran.

"Dalam sehari bisa menjual sebanyak 4000 selongsong ketupat," ucapnya.


Pedagang sibuk melayani pembeli sambil merangkai selongsong ketupat ( Foto : Ist )

Selain menjual selongsong ketupat, pedagang juga menyediakan lembaran daun lontar untuk warga yang lebih senang merangkai sendiri. Namun bagi warga yang tidak memiliki waktu untuk merangkai maupun memasak ketupat sendiri, pedagang juga menyediakan ketupat dan lepet yang sudah matang dan siap saji. Dijual dengan harga Rp. 4000 hingga Rp 5000 perbiji.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Tuban di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut