Protes Jalan Rusak, Foto di Medsos Viral Sindir Penguasa

Pipit Wibawanto
viral di medsos, setelah netizen mengunggah sejumlah foto jalan rusak dengan dipasangi banner, berupa sindiran terhadap penguasa daerah setempat. Foto : Istimewa.

TUBAN, iNews.id – Masih ingatkah anda terkait jalan rusak di wilayah Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban yang viral di medsos beberapa bulan lalu..? Yaa dua hari lalu jalan rusak tersebut kembali viral di medsos, setelah netizen mengunggah sejumlah foto jalan rusak dengan dipasangi banner, berupa sindiran terhadap penguasa daerah setempat, yang tak segera memperbaikinya.

Warga Kecamatan Senori yang setiap hari memanfaatkan jalan tersebut, tampaknya kesabarannya sudah habis, sebab pembangunan jalan tak kunjung dilakukan, dan pemimpin daerah terkesan hanya memberikan janji manis saja. Namun janji tetaplah janji, dan janji adalah hutang.

Sejumlah foto yang diunggah di media sosial dan juga watshap group itu menunjukkan bahwa warga menagih janji penguasa yang katanya akan segera memperbaiki jalan rusak itu. Di dalam foto-foto tersebut juga ada banner yang disertai dengan caption bertuliskan  "JALAN INI SEDANG DIPERBAIKI, TAPI BOHONG," sindiran lainnya adalah "PACAR AjA BUTUH DI PERHATIKAN, MASAK JALAN TIDAK???.  Ada juga sindiran pedas yang tak kalah pedasnya dengan harga cabai di pasar, karena berkaitan dengan tarikan pajak untuk rakyat, berupa tulisan "WARNING, PAJAK TELAT DI DENDO, JALAN AJOR DIJARNO.....!. 

Sindiran - sindiran seperti itu saat ini kian marak mewarnai proses demokratisasi di wilayah Kabupaten Tuban. Sindiran atau satire dari rakyat kepada pemimpinnya, adalah bukti ketidakpuasan rakyat terhadap kinerja pemerintahan setempat,  dimana pemimpin yang menjadi penguasa daerah setempat dipilih oleh rakyat, namun kenyataannya belum memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi sebagian wilayah kekuasaan, apalagi itu merupakan fasilitas umum utama yang dimanfaatkan oleh rakyat.

Media sosial saat ini menjadi jalan bagi rakyat untuk menumpahkan uneg-unegnya kepada penguasa, sebab jika melalui jalur “demonstrasi” belum tentu juga tuntutan atau layangan protes itu akan dipenuhi oleh pemangku kebijakan, seperti yang sudah-sudah dilakukan oleh baik kelompok oposisi maupun aktifis mahasiswa, hasilnya bisa dikatakan “nihil”.


Sindiran - sindiran seperti itu saat ini kian marak mewarnai proses demokratisasi di wilayah Kabupaten Tuban. Foto : Istimewa.

Sindiran lain di medsos lainnya bertuliskan : "WARNING, BAYAR PAJAK JANGAN TELAT, JALAN RUSAK BODOH AMAT!!!. "WARNING, ATI-ATI LOR, MENDING KEJEGLONG NENG ATINE MANTAN, DARI PADA KEJEGLONG NANG DALAN” adalah bentuk keprihatinan masyarakat kelas bawah, yang memanfaatkan ruang demokrasi dijalur virtual, dan tidak menyuarakan protesnya melalui aksi turun kejalan, karena dinilai tidak lagi efektif dan lebih banyak membuang-buang tenaga, waktu dan fikiran. Medsos saat ini adalah jalan lain dalam berdemokrasi yang dipandang efektif dan efisien.

Sementara itu, terkait viralnya sindiran atau protes yang ada dibeberapa grup medsos seperti facebook, Camat Senori, Minto Ichtiar menyatakan, jalan yang rusak itu akan segera diperbaiki. Saat ini sudah ada pemenang lelang dan segera penandatanganan kontrak rentang 15 Juli hingga 29 Juli 2022. 

Jalan yang akan diperbaiki sekitar kurang lebih 10 kilometer, mulai dari Senori hingga menuju Sembung, Parengan. Sedangkan, untuk ruas jalan Senori menuju Sembung juga ada titik atau spot tertentu yang akan dibangun cor.

"Kalau barnernya sudah kami turunkan, mungkin ada warga yang belum tahu," jawab camat saat dikonfirmasi melalui pesan singkat.

Editor : Prayudianto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network