Sosialisasi UKBI Adaptif Merdeka bagi Pemangku Kepentingan di Kabupaten Tuban

Pipit Wibawanto
Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur, Dr. Umi Kulsum, M.Hum saat membuka Sosialisasi UKBI

TUBAN, iNewsTuban.id - Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur, menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka di Kabupaten Tuban, Selasa, (7/3). Kegiatan yang diikuti oleh 60 puluh kepala SMP dan SMA se-Kabupaten Tuban tersebut, dilaksanakan di Fave Hotel, Tuban. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban Drs. Joko Sarwono.

 

Dalam sambutannya, Joko Sarwono menyampaikan bahwa Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi UKBI ini dan sangat mendukung program UKBI Adaptif Merdeka, untuk disosialisasikan kepada jajaran pendidikan, mengingat pentingnya alat ukur kebahasaan ini, khususnya bagi pelajar.

 

Hal tersebut sejalan dengan harapan Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur, Dr. Umi Kulsum, M.Hum. yang mengajak para kepala sekolah untuk mengikutkan siswanya UKBI, agar dapat dipetakan kemahiran siswanya dalam berbahasa Indonesia.

“ini sosialisasi UKBI untuk pemangku kepentingan di Tuban, bahwa Bahasa Indonesia saat ini sudah memiliki alat uji, ini program balai bahasa dilanjutkan bagaimana cara mendaftar, langkah langkah yang harus diikuti para peserta dan syarat syarat yang harus dipenuhi, para pesrerta yang terdiri dari kepala sekolah kemudian melakukan uji kemahiran Bahasa Indonesia,” ujarnya.

 

Dalam kegiatan tersebut, para kepala sekolah sangat antusias mengikuti pemaparan materi dari tim KKLP UKBI Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur, mulai dari pengertian UKBI sampai dengan prosedur pendaftaran pelaksanaan UKBI. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan praktik langsung pendaftaran dan pengujian UKBI oleh para peserta. 

 

Kegiatan ditutup oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Tuban yang diwakili Pengawas SMA Drs. Mambaul Mushofa, dalam sambutannya beliau berharap kepada peserta untuk berkomitmen mewajibkan siswanya mengikuti UKBI Adaptif Merdeka.

Editor : Prayudianto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network