Gandeng RSNU Tuban, BPJS Kesehatan Cabang Bojonegoro Luncurkan Loket Pelayanan Informasi dan Portal

Pipit Wibawanto
Kepala BPJS Cabang Bojonegoro Sistri Sembodo memberikan cindera mata kepada Direktur RSNU Tuban, Didik Harsoyo

Bojonegoro, iNewsTuban.id - Transformasi Mutu Layanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) menjadi titik utama dalam meningkatkan Program JKN guna memberikan layanan kesehatan bagi pesertanya. BPJS Kesehatan Cabang Bojonegoro dan Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (RSNU) Tuban mewujudkan hal tersebut dengan meluncurkan loket pelayanan informasi dan Portal Quick Response pada Jumat (29/09) yang bertempat di RSNU Tuban.

Diharapkan inovasi yang diluncurkan tersebut dapat memberikan informasi dan menangani pengaduan peserta JKN khususnya di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bojonegoro, Sistri Sembodo mengatakan jika launching loket pelayanan informasi dan Portal Quick Response merupakan bukti nyata jika layanan JKN saat ini mudah, cepat dan setara atau tidak mendiskriminasi.


“Tidak ada lagi sekarang ini yang berobat dan datang ke faskes dengan membawa berkas-berkas untuk foto copy, karena tinggal menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) saja sudah langsung dilayani. Semua fasilitas Kesehatan yang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan secara otomatis wajib untuk menjalankan janji layanan sebagai tendensi guna melayani peserta. Hal ini dibuktikan dengan adanya Petugas Edukasi Peserta dan Penanganan Pengaduan Keluhan Rumah Sakit (EP3RS) yang bertugas memberikan informasi dan mencatat pada aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP),” jelas Sistri.

Sistri menjelaskan jika Petugas BPJS SATU atau BPJS Siap membantu baik dalam bentuk pelayanan onsite maupun mobile dilakukan demi memastikan peserta menerima pelayanan yang terbaik, terutama saat pelayanan di loket rawat jalan di rumah sakit.

“Luar biasa sekali di RS NU Tuban ini sudah diposisikan loket pelayanan yang sangat mudah dijangkau oleh peserta JKN sehingga mudah terlihat dan diakses peserta. Inovasi ini akan membawa kemudahan digital terutama pada peserta JKN dalam mengakses aplikasi pendukung yang disediakan oleh BPJS Kesehatan guna layanan JKN menjadi lancar dan cepat,” tegas Sistri.
 


Selain itu, BPJS Kesehatan juga memperkenalkan Portal Quick Response (POROS) yang ditempatkan di fasilitas kesehatan. Inovasi ini membawa kemudahan digital bagi peserta JKN dalam mengakses aplikasi pendukung yang disediakan BPJS Kesehatan untuk memperlancar proses pelayanan di fasilitas kesehatan. POROS terdiri dari aplikasi Kesan dan Pesan Setelah Layanan (KESSAN), SIPP, Antrean, dan Web Skrinning yang dapat dimanfaatkan peserta untuk mendapatkan dukungan layanan yang lebih mudah dan cepat.
 
“Semoga dengan dihadirkannya POROS BPJS Kesehatan, kepuasanpeserta JKN menjadi meningkat dan tentunya sinergi dengan RSNU Tuban ini mampu berdampak positif  guna meningkatkan mutu layanan JKN yang mudah cepat dan setara,” jelas Sistri.
 
Direktur RSNU Tuban, Didik Suharsoyo tidak main-main dalam memberikan layanan Program JKN. Ia berkomitmen bahwa janji layanan JKN adalah hal mendasar yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.
“Saya mendukung penuh dengan diluncurkannya Launching Loket Pelayanan Informasi dan Portal Quick Response. Semoga layanan JKN mampu melindungi hajat hidup masyarakat sampai dengan pelosok,” tutup Didik.


Lanjutnya beliau juga menyampaikan bahwa loket pelayanan pemberian informasi BPJS Kesehatan tersebut ditempatkan pula Duta Mobile JKN dan agen JKN yang akan membantu dan memandu peserta JKN  Serta dalam kebutuhan informasi seputar JKN dan panduan terhadap pemanfaatan Mobile JKN, serta penyampaian  komitmen RSNU Tuban terhadap janji layanan JKN.

Editor : Prayudianto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network