Tingkatkan Produktivitas Bawang Merah, Koramil 0811/12 Bancar Tuban Tanam Bersama Warga Ngampelrejo

Pipiet Wibawanto
Koramil 0811/12 Bancar Tuban melaksanakan tanam bawang merah bersama warga masyarakat dalam rangka Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional di Desa Ngampelrejo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban.

TUBAN, iNewsTuban.id - Koramil 0811/12 Bancar Tuban melaksanakan tanam bawang merah bersama warga masyarakat dalam rangka 'Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional' di Desa Ngampelrejo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, yang mana pada kegiatan penanaman tersebut untuk memotivasi demi meningkatkan perekonomian para petani, Rabu (10/7/2024).

 

Kegiatan Ketahanan Pangan Nasional ini diprakarsai oleh Koramil 0811/12 Bancar, bertujuan supaya para petani bawang merah di Desa Ngampelrejo dapat meningkatkan hasil panen dengan maksimal dan dapat meningkatkan kesejahteraan petani. Dalam hal ini Dinas Pertanian dan Babinsa pun harus melaksanakan pengecekan dan memberikan edukasi tentang pemberian pupuk, penyemprotan anti hama dan penyiraman/pengairan.

 

Kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian Koramil 0811/12 Bancar melalui Babinsa di wilayah teritorialnya dalam upaya ketahanan pangan. Selain itu, kegiatan ini bukan kali pertama, akan tetapi selalu dilakukan oleh Babinsa yang berkolaborasi dengan Dinas Pertanian setempat mulai dari pemilihan bibit berkualitas tinggi, penanaman bibit, pemupukan dan penyemprotan anti hama serta perawatan tanaman sampai masa panen selesai.

 

Sosialisasi yang dilakukan oleh para Babinsa Koramil 0811/12 Bancar dengan Kelompok Tani, puji syukur dapat terlaksana pada kegiatan ini. Hal tersebut berkat kerjasama antara pihak Koramil 0811/12 Bancar, Kelompok Tani, Dinas Pertanian dan Pemerintah Desa setempat. Besar harapan pun tidak luput dari dukungan dari pemerintah Kecamatan.

 

Danramil 0811/12 Bancar melalui Bati Tuud Peltu Sonhaji menuturkan, "Kegiatan ini bukan asal menanam saja, yang mana targetnya pada akhir nanti adalah hasil ketika panen. Untuk itu kami pihak Koramil dan Kelompok Tani akan memberikan pembinaan secara gratis tentang SOP penanaman bawang merah, jagung, padi dan lainnya. Perlu saya sampaikan bahwa hasil panen nanti akan dilakukan operasi pasar agar tidak terjadinya fluktuasi harga. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir bila panen nanti tidak terjual." ucapnya.

 

Kades Ngampelrejo, Taryono juga menyampaikan ucapan terima kasih atas terlaksananya kegiatan ini, "Terima kasih kepada semua pihak yang mensukseskan terlaksananya kegiatan ini, terkhusus kepada Bapak-bapak dari Koramil 0811/12 Bancar yang telah membuat ide ketahanan pangan di Desa kami, dan perlu saya sampaikan, sebelumnya Pak Danramil juga sudah mensuport kami Desa Ngampelrejo untuk mensukseskan Program Hanpangan dan menjaga inflasi pangan dengan memberikan bantuan bibit, terima kasih pak Danramil, untuk membantu masyarakat kami dalam pembinaan pertanian.” tutupnya.

 



Editor : Prayudianto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network