get app
inews
Aa Read Next : Pelaku Sempat Bunuh Diri Setelah Bunuh Istrinya, Pelaku Sakit Hati Sering Dikecewakan

SD BAS Gelar Pilkates dengan Sistem Pemilu, Sarana Belajar Berdemokrasi

Senin, 25 Juli 2022 | 10:01 WIB
header img
Praktek langsung musyawarah mufakat untuk memilih ketua kelas mulai kelas 2 hingga kelas 6. Foto : iNews.id. Pipit Wibawanto.

TUBAN, iNewsTuban.id - Dalam rangka belajar menanamkan nilai-nilai demokrasi, SD Bina Anak Sholeh (BAS) Tuban menggelar Pemilihan Ketua Kelas (Pilkates) dengan sistem pemilu.

Kepala SD BAS Tuban, Ustadzah Yulaikah, S.Si mengatakan, Pilkates merupakan agenda pesta demokrasi tahunan yang dilakukan SD BAS untuk memilih ketua kelas. Melalui Pilkates tersebut para siswa memanfaatkan bilik suara untuk untuk menentukan pilihan sosok seorang ketua kelas. 

Selain bilik suara, dewan guru juga menyiapkan jenis perlengkapan pemungutan lainnya. Seperti, kotak suara, surat suara, tinta, segel dokumen, dan alat untuk memberi tanda pilihan. 


Pilkates di SD BAS merupakan sebagai upaya kepemiluan untuk menanamkan pendidikan "sikap" yang harus dimulai sejak dini. Foto : iNews.id. Pipit Wibawanto.

"Semua ini dilalukan SD BAS Tuban karena sebagai sarana praktek langsung musyawarah mufakat untuk memilih ketua kelas mulai kelas 2 hingga kelas 6," tambah Yulaikah.

Ia menambahkan, melalui pelaksanaan Pilkates dengan sistem pemilu ini pihaknya ingin mengajarkan pada generasi emas untuk cerdas berdemokrasi. Terutama, memiliki bekal pengetahuan, pemahaman dan kesadaran yang baik dalam menggunakan hak suara. Selain itu, pemilihan ketua kelas jiga termasuk dalam pengamalan nilai-nilai Pancasila, yang secara khusus terdapat dalam sila ke-4. 

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Tuban di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut