get app
inews
Aa Read Next : Tradisi Dus-dusan Warga Tuban: Mandi di Laut, Bersihkan Diri agar Suci Selepas Lebaran Ketupat

Patonim dan Boneka Dongeng Hibur Pasien Anak-anak di Rumah Sakit

Kamis, 18 Agustus 2022 | 19:20 WIB
header img
Patonim dan Boneka Anak hibur pasien anak-anak di Rumah Sakit, Dr.r.Koesma Tuban. Foto: Pipit Wibawanto/iNews.id

TUBAN, iNewsTuban.id -Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Tuban, Jawa Timur memiliki cara unik untuk menghibur pasien anak-anak pada HUT RI ke-77. Para tenaga medis berkeliling ruang rawat inap dengan membawa boneka dongeng dan pantomim, sambil berbagi bendera merah-putih. Tak hanya bercanda, pertunjukan tersebut juga menyampaikan edukasi kesehatan kepada pasien beserta keluarganya.
 
Suasana berbeda tersebut terasa  di ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Dokter Koesma Kabupaten Tuban. Sejumlah tenaga medis membawa boneka dongeng dan pantomim untuk menyapa pasien anak-anak beserta keluarga yang menunggu.
 
Beberapa pertunjukan dilakukan sebagai hiburan, sekaligus menarik perhatian pasien anak-anak. Tak hanya sekedar bercanda, pertunjukan boneka dongeng dan pantomim juga diselipi pesan edukasi kesehatan. Setelah itu hiburan ditutup dengan membagikan bendera merah-putih sambil menyanyikan lagu kebangsaan.


Patonim dan Boneka Anak hibur pasien anak-anak di Rumah Sakit, Dr.r. Koesma Tuban. Foto : Pipit Wibawanto: iNews.id


 
Meski cukup sederhana, namun kehadiran boneka dongeng dan pantomim ini sangat menghibur para pasien anak-anak serta keluarga. Kesedihan yang dirasakan berhari-hari, karena harus menjalani rawat inap saat perayaan hari kemerdekaan, sedikti terobati.
 
“ini dihibur pakai boneka, sering lihat pantomim, rasanya senang sekali, saua sakit DB, sudah tujuh hari disini,” ujar Srina, pasien demam berdarah.
 
Selain menghibur, boneka dongeng dan pantomim ini juga menjadi sarana edukasi kesehatan bagi pasien anak-anak dan keluarganya. Boneka dipilih, karena bentuknya yang lucu dan mampu dekat dengan anak-anak, sehingga pesan yang disampaikan mudah di terima.
 
“ini salah satu program kami untuk menunjang rumah sakit ramah anak, kepada keluarga pasien lewat dongeng boneka dan pantomim, bisa menjadikan edukasi kami kepada keluarga pasien, kami bagi-bagi bendera agar pasien anak-anak ini juga merasakan merdeka dari rasa sakitnya ini,” ujar Dokter Alfian, Kepala Instalasi PKRS  RSUD Koesma Tuban.
 
Tak hanya sebatas moment hari kemerdekaan, boneka dongeng dan pantomim ini telah menjadi salah satu program baru RSUD Dokter Koesma Tuban. Penampilan menghibur ini untuk menunjang predikat rumah sakit ramah anak, Selanjutnya, pertunjukan akan terus di lakukan secara berkala.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Tuban di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut