get app
inews
Aa Read Next : Salahkah PSSI Manjakan Shin Tae-yong?

Serunya Panjat Gedebog Pisang, Jatuh Bangun Belepotan Tanah

Kamis, 25 Agustus 2022 | 08:18 WIB
header img
serunya panjat pinang. : Foto : Pipit Wibawanto

TUBAN, iNewsTuban.id – Seru, lucu dan bahagia, mewarnai lomba panjat gedebog untuk anak-anak di Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Para peserta harus jatuh bangun saling gendong, demi meraih sejumlah hadiah menarik yang tergantung di puncak gedebog. Meski sederhana, namun kemeriahan HUT RI ke-77 sangat terasa.
 
Warga Perumahan Griya Manunggal, Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, memiliki cara sendiri untuk memeriahkan HUT RI ke-77. Mereka menggelar lomba panjat gedebog atau batang pohon pisang, yang diikuti sejumlah anak-anak usia sekolah dasar.
 
Lomba dilakukan secara berkelompok, dengan jumlah anggota 3 anak. Mereka harus bekerjasama, adu kekuatan dan adu taktik, demi mencapai puncak tertinggi, untuk meraih hadiah yang tergantung di atas. Setiap kelompok hanya diberi waktu 3 menit untuk merusaha semaksimal mungkin.
 
Usaha anak-anak ini tak semudah membalikkan telapak tangan. Mereka harus jatuh bangun, saling gendong dan belepotan tanah. Tingkah lucu para peserta yang gagal membangun kerjasama, membuat memicu gelak tawa para penonton.
 
Meski berulang kali gagal, namun para peserta masih terus bersemangat. Mereka pantang menyerah hingga berhasil meraih berbagai hadiah, yang tergantung pada ketinggian sekitar 3 meter. Diantaranya berupa tas, bola, mie instan, uang, peralatan dapur, serta raket.
 
“ikut lomba panjat gedebok, dapat sandal, tas, mie dan bola, kesulitanya licin sama tinggi,” ujar Dimas, salah satu peserta anak-anak.
 
Perlombaan panjat gedebog dipilih karena sangat seru dan menghibur, sehingga cocok untuk memeriahkan HUT RI ke-77. Selain itu lomba ini dapat menumbuhkan rasa persaudaraan, melatih kerjasama dan kekompakan anak-anak komplek sekitar.
 
“ini perlombaan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-77, lomba panjat gedebog dari satu tim ada tiga anak dan dengan waktu tiga menit, maksimal mengambil hadiah tiga item, harus kerjasama, membelajari anak anak untuk kompak dan kerjasama yang baik,” kata Pungki, ketua panitia perlombaan.
 
Selain lomba panjat gedebog, warga juga menggelar sejumlah perlombaan lain. Diantaranya lomba memasak untuk ibu-ibu, lomba tepung estafet dan menendang bola menggunakan terong.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Tuban di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut