get app
inews
Aa Read Next : PWI Beri Penghargaan Kapolres Atas Keberhasilan Ciptakan Lamongan Aman Kondusif Pemilu 2024

Kapolsek Semanding Ciptakan Kamtibmas Kondusif dengan Pendekatan Persuatif

Rabu, 07 September 2022 | 07:17 WIB
header img
kapolsek semanding AKP Carito. Foto : Totok

 Tuban,iNewsTuban.id-Menciptakan kondisi kamtibmas yang kondusif menjadi tugas utama yang harus diemban anggota Polri. Hal itu dipegang kukuh oleh  AKP Carito, Kapolsek Semanding, Kabupaten Tuban.  Selama  menjabat komandan Bhayangkara Polsek Semanding, dirinya mampu menciptakan suasana sejuk, aman terkendali  dalam kehidupan masyarakat.

Bagi pria murah senyum ini adalah kewajiban bagi dirinya membangun suasana yang tenang. Masyarakat merasa terayomi. “Alhamdulillah berkat pendekatan persuatif dan  kebersamaan yang senantiasa terjaga selama ini  tercipta suasana yang menyejukkan, “ kata AKP  Carito. 
dirinnya sudah memahami betul karakteristik warga yang dikenal cukup kental dengan toleransi dan religius. Tidak sulit baginya untuk bisa bersosialisasi dan langsung terjun ditengah-tengah masyarakat.  apalagi dirinya juga asli kelahiran Genaharjo, Kecamatan Semanding.

Selama menjabat Kapolsek Semanding AKP  Carito telah membuka ‘pintu’ selebar-lebarnya bagi masyarakat. Polisi harus bisa menjadi pengayom, sekaligus sahabat masyarakat sehingga terjalin sinergitas untuk menciptakan kondisi aman dan tentram. Apalagi dalam menjalankan tugasnya,   beranjangsana kedesa-desa. Bersinergi dengan Kades dan peragkat desa dan tokoh masyarakat.  Jam kerjanya tidak terbatas waktu. Hingga malam hari dirinya berada dikantor atau berkeliling memantau langsung kondisi kamtibmas  diwlilayah Kecamatan Semanding. “Warga juga bisa mengkontak saya langsung melalui telpon jika ada gangguan kamtibmas. Setiap laporan akan cepat direspon dan ditindaklanjuti,” papar AKP carito sungguh-sugguh.

Tidak hanya rajin blusukan kedesa-desa, komandan yang dikenal religius ini juga lebih mengefektifkan peran Babinsa. Para Babinsa diminta untuk senantiasa tanggap dengan setiap persoalan yang ada diwilayahnya masing-masing. “Para Babinsa harus mengenal sebanyak mungkin masyarakat. Harus tanggap dengan keluhan masyarakat, khususnya dalam bidang kamtibmas,” imbuh AKP Carito yang lama bertugas di Polres Dili Timor Timur ini. 

Suasana kondusif yang mampu dipelihara itu diakui AKP Carito cukup membantu kelancaran kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77. “Hampir semua desa di Kecamatan Semanding menggelar kegiatan yang melibatkan ribuan warga dalam merayakan kemerdekaan. Belum terhitung dengan kegiatan sedekah bumi. Alhamdulillah, semua kegiatan berjalan aman dan sukses. Tidak lepas dari dukungan segenap elemen dan kesadaran warga sendiri untuk senantiasa menciptakan kondisi yang guyup rukun dan penuh seduluran,” tandas AKP Carito.

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut