get app
inews
Aa
Read Next : Peringati Harlah ke 59, DKC CBP KPP Tuban laksanakan Apel

Sejuknya Air Terjun Hijau Toska Bisa Hilangkan Penat dan Manjakan Penghobi Swa Foto

Minggu, 02 Oktober 2022 | 07:17 WIB
header img
Sejuknya air terjun hijau toska. Foto : Pipit Wibawanto

 

TUBAN, iNewsTuban.id - Jenuh dengan aktifitas kerja dan keramaian kota yang penuh polusi, mungkin anda perlu mengunjungi wisata alam di Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Eksotisme air terjun berwarna hijau toska ini, mampu menghipnotis pengunjung untuk betah berlama-lama melepas penat. Sementara pesona alam sekitar yang cantik dan asri, memanjakan penghobi swa foto.
 
Berada di Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, air terjun Putri Nglirip yang berjarak 35 kilometer dari pusat kota, memiliki keunikan tersendiri. Jika pada umumnya air terjun berwarna jernih, maka wisata alam andalan Bumi Ronggolawe ini memiliki warna eksotis, hijau toska.
 
Selain warnanya, kawasan wisata air terjun Putri Nglirip memiliki pesona alam yang indah dan asri. Dinding tebing setinggi 29 meter dihiasi aliran air yang jatuh tanpa henti ke telaga berwarna hijau toska. Namun kedalaman telaga mencapai 30 meter, sehingga pengelola harus melarang wisatawan mandi di bawah air terjun, karena sangat berbahaya.
 
Meski demikian, pengunjung dapat menikmati kesegaran air terjun Nglirip dari luberan telaga hijau toska yang mengalir menuju sungai. Udara segar tanpa polusi mampu menghipnotis pengunjung untuk betah berlama-lama melepas penat. Keberadaan pepohonan menghias kanan-kiri air terjun, juga menambah suasana semakin  sejuk.
 
“kesini sama teman-teman, air terjunnya bagus, dingin, juga cantik. warnanya hijau toska, sudah kesini dua kali,” ujar Kristin.

Sementara pesona alam sekitar yang cantik dan asri memanjakan penghobi swa foto. Selain itu pengelola juga menyiapkan sejumlah spot foto menarik yang bisa diakses pengunjung secara gratis.
  
“ini sama anak-anak, air terjunnya indah, bagus, warnanya juga lain, warnanya hijau toska, suasananya adem dan jadi betah kesini, sudah kesini tiga kali,” kata Yuly, pengunjung asal Tuban.
 
Selama libur akhir pekan, air terjun Nglirip ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun luar daerah. Bahkan hampir setiap bulan dipastikan ada wisatawan luar negeri. Diantaranya yang pernah datang berasal dari Amerika, Jerman Qatar, Malaysia, maupun Brunei Darusalam.
 
“kelebihan air terjun ini ketinggiannya mencapai 29 meter dengan ke dalam danau 30 meter, jadi membuat warnanya terlihat hijau toska,” ungkap Multazam Daud, Ketua Pokdarwis air terjun Putri Nglirip.
 
Untuk masuk wisata air terjun Putri Nglirip, pengunjung dikenakan tiket cukup murah. Untuk pengunjung dewasa Rp 8.000 per-orang dan anak-anak hanya Rp 3.000. Harga itu sudah termasuk gratis wifi internet.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Tuban di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut