Penanganan Penyumbatan Pembuluh Pada Jantung, Cukup Datang ke Instalasi Cathlab RSUD Tuban

Pipit Wibawanto
.
Senin, 03 Oktober 2022 | 09:11 WIB
Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, meresmikan Cathlab RSUD, dr. r. Koesma Tuban. : Foto ( Pipit Wibawanto/iNewsTuban.id)

 

TUBAN, iNewsTuban.id - Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky meresmikan Instalasi Diagnostik dan Intervensi Kardiovaskuler, Catheterization Laboratorium Jantung (CATHLAB) di RSUD dr. R koesma Tuban pada hari ini, Sabtu, (01/10).

Bersamaan dengan peresmian tersebut, diselenggarakan pula seminar Acute Coronary Syndrome dan tata laksananya secara daring, dengan nara sumber dr. Hariman Kristian Sp. JP. FIHA dan dr.Fani Suslina Hasibuan Sp. jP(K).,FIHA.

Peresmian ruang CATHLAB tersebut ditandai dengan pemotongan pita di pintu masuk ruangan instalasi CATHLAB oleh Bupati Tuban, didampingi Kapolres Tuban, Dandim 0811/Tuban, Sekda Tuban dan Direktur RSUD dr. R Koesma Tuban, beserta jajaran dokter lainnya.

Mas Lindra dalam kesempatan tersebut mengatakan, penyediaan layanan CATHLAB merupakan bagian dari inovasi untuk menambah fasilitas layanan yang belum ada  di RSUD Tuban, salah satunya fokus pada penanganan Jantung.

“Dengan CATHLAB ini, penanganan penyumbatan pembuluh pada jantung tidak perlu dengan operasi bedah, cukup menyuntikkan alat ke pembuluh darah di lengan tangan untuk menghancurkan atau melancarkan sumbatan di pembulu darah jantung,” ucapnya.

Selain itu, waktu penanganan juga menjadi lebih cepat, antara 30 menit sampai 4 jam, dengan resiko tingkat kegagalan tidak lebih dari 0, 1 persen, dan tingkat presentasi keberhasilan tinggi. Bahkan, selama penanganan, pasien dalam kondisi sadar dan bisa diajak komunikasi, sehingga CATHLAB ini menjadi terobosan yang luar biasa.

Namun demikian, CATHLAB sementara ini hanya melayani pasien umum dan asuransi khusus, sementara untuk BPJS belum tercover. 

“Kita akan berkomunikasi dengan pihak BPJS agar ke depan layanan CATHLAB bisa tercover dan bisa dimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat,” tegasnya.

Ditambahkan, Pemkab Tuban terus mendukung kemajuan dan perluasan layanan di RSUD Tuban, salah satunya akan mengembangkan Sarpras bedah central dengan angaran 60 miliar lebih di waktu dekat ini. 

“Jadi ke depan, pasien yang biasanya dirujuk ke RSUD Bojonogoro atau Surabaya, sudah bisa tertangani di RSUD Tuban,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Medik RSUD Dr. Koesma Tuban, dr. Erwin Era Prasetya, menjelaskan, bahwa Catheterization Laboratorium Jantung (CATHLAB) adalah suatu pelayanan yang dilakukan di ruangan laboratorium kateterisasi jantung, untuk melakukan tindakan invasif non bedah pada penyakit jantung , sebagai penegakan diagnose dan sebagai intervensi/ terapeutik melalui pembuluh darah vena atau arteri dengan menggunakan kateter kecil.

“Dengan adanya CATHLAB tersebut, masyarakat di Kabupaten Tuban yang memiliki permasalahan pada Jantung bisa tertangani di Tuban, tidak perlu ke rumah sakit di Surabaya,” ujarnya.

Ditambahkan , CATHLAB yang dibangun dengan bantuan dari Pemprov Jatim tersebut juga sudah mendapatkan ijin dari Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) untuk tingkat radiasinya, sehingga aman untuk semuanya. Adapun untuk tenaga, RSUD telah menyekolahkan dokter ahli bedah jantung, dan siap melaksanakan tindakan medis tersebut.

Editor : Prayudianto
Bagikan Artikel Ini