get app
inews
Aa Read Next : Ahmad Wafa Amrillah Resmi Mendaftar Menjadi Bakal Calon Ketua PC PMII Tuban

Danramil 03 Semanding Berikan Wawasan Kebangsaan Kepada Mahasiswa

Jum'at, 07 Oktober 2022 | 10:37 WIB
header img
Danramil Semanding berikan wawasan kebangsaan kepada mahasiswa. Foto : Pipit Wibawanto/iNewsTuban.id

TUBAN, iNewsTuban.id- Kapten Arh Ali Mubdi Danramil 03 Semanding Kodim 0811 Tuban memberikan materi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara kepada Mahasiswa Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) di Aula Gedung K.H. Hasyim Asy'ari Jln. Manunggal No. 60 Tuban dalam rangka Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) tahun 2022 yang diikuti 275 mahasiswa, Rabu (28/09/2022).


Dalam penjelasannya, Danramil Semanding mengatakan, setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara, hal tersebut mengisyaratkan bahwa menjaga kedaulatan negara adalah kewajiban bagi tiap-tiap pribadi meskipun telah dibentuk institusi yang memiliki kewajiban dalam tugas pertahanan dalam sebuah negara. 


"Menanamkan kesadaran cinta tanah air tidak serta merta tumbuh, oleh karenanya sejak dini perlu mendapatkan pembelajaran, dengan semangat bela negara, generasi muda diharapkan selalu membentuk karakter bangsa menuju generasi penerus bangsa yang handal dan berdedikasi tinggi," Jelasnya kepada mahasiswa.


Lanjut dikatakannya, para mahasiswa diharapkan juga memahami pentingnya wawasan kebangsaan sehingga para generasi muda dapat memahami apa itu tentang persatuan dan kesatuan, semangat gotong royong, bela Negara, pentingnya semangat Nasionalisme, dan saling tolong-menolong. 


"Diharapkan para generasi muda tidak terjerumus ke hal-hal yang negatif seperti Narkoba dan pergaulan bebas."harapnya.


Danramil juga mengajak generasi muda khususnya mahasiswa IAINU ini untuk lebih bijak dalam menyikapi perkembangan zaman saat ini, pemuda sebagai generasi penerus bangsa hendaknya memiliki kemantapan rasa cinta tanah air, bela negara dan memiliki kemantapan wawasan kebangsaan sehingga nantinya mampu menjadi pemimpin yang senantiasa mengedepankan kepentingan bangsa dan kedaulatan NKRI.


Ketua pelaksana kegiatan, Emi Fahrudi, M.M., mengucakan terima kasih kepada Kodim 0811 Tuban khususnya Danramil Semanding yang telah memberikan materi bela negara. Menurutnya, kegiatan ini memberikan peluang bagi generasi muda untuk selalu aktif, bukan hanya tinggal diam, namun terus untuk produktif dalam meneruskan perjuangan dan pembangunan bangsa.


"Dengan semangat bela negara, diharapakan mahasiswa IAINU sebagai generasi muda akan selalu membentuk karakter bangsa menuju generasi penerus bangsa yang handal dan berdedikasi tinggi," ungkapnya. (Pendim0811)

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Tuban di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut