get app
inews
Aa Read Next : Peringati Harlah ke 59, DKC CBP KPP Tuban laksanakan Apel

Permudah Pelayanan di KUA, Kemenag Tuban Launching WA Auto Respon

Selasa, 25 Oktober 2022 | 20:48 WIB
header img
Kemenag Tuban Louching WA Auto Respon untuk mempermudah pelayanan di KUA se-Kabupaten Tuban. : Foto : istimewa.

Tuban,iNewsTuban.id-Satu inovasi terbaru kembali digaungkan Kementerian Agama Kabupaten Tuban. Kali ini launching aplikasi WhatsApp Auto Respon dan Peresmian Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) KUA se-Kabupaten Tuban oleh Kepala Kankemenag Tuban   sekaligus Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw di Aula KUA Soko, Selasa (25/10/2022).

Ahmad Munir, Kapala kantor kemenag Tuban mengatakan, hal ini memudahkan masyarakat untuk menerima pelayanan di KUA.WA Auto Respon milik Kemenag yang diberi nama Sistem Administrasi Informasi KUA (Si Adik) ini sangat tepat menjawab kebutuhan masyarakat saat ini. “WA merupakan aplikasi yang dimiliki hampir setiap orang, dengan layanan online selama 24 jam, maka akan terwujud layanan yang efektif dan efisien," ujar Munir disela-sela acara.

Pria melek IT ini melanjutkan, hal ini selaras dengan dua dari tujuh program Kementerian Agama, yakni Transformasi Digital dan Revitalisasi KUA.

"Modernisasi layanan ini manjawab tuntutan masyarakat terhadap KUA untuk bisa memberikan layanan prima dan informasi yang diminta kapanpun dan dimanapun, langsung mesin Wa Auto Respon menjawab hanya dengan hitungan detik," imbuhnya.

Menambahkan apa yang disampaikan Kepala Kemenag Tuban, Kasi Bimas Islam, Mashari menyebutkan, di dalam aplikasi Si Adik yang digagas oleh Kakankemenag Tuban ini, masyarakat bisa memperoleh informasi antara lain tentang persyaratan pendaftaran nikah, persyaratan rujuk, rekomendasi nikah, persyaratan duplikat nikah, wakaf, ikrar masuk islam, arah kiblat, haji, daftar nikah online, daftar pegawai dan nomor telepon, profil KUA , blanko pendaftaran nikah, jadwal pelaksanaan nikah dan lain sebagainya.

"Masyarakat cukup mencari informasi dengan jalur nomor WA masing-masing KUA, misalkan ingin mendapatkan informasi tentang persyaratan nikah, cukup mengikuti petunjuk, lalu yang bersangkutan bisa melengkapi persyaratan berkas untuk dibawa ke KUA," terangnya.

Pria asal Kota Soto ini juga melaporkan kepada Kepala Kemenag untuk ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu KUA sudah ada, tinggal mengisi aplikasinya.
"Bapak pimpinan ini sangat inovatif dan menyukai hal yang berbau teknologi, namun kami atas nama teman-teman KUA memohon waktu kepada Kakankemenag untuk berproses dan insyaallah dalam waktu dekat ini," imbuhnya.

Sementara itu tuan rumah, Kepala KUA kecamatan Soko, Farkurrohman mengaku senang dengan inovasi ini. "Alhamdulillah teman-teman KUA semangat sekali, dan acara hari ini berjalan dengan lancar, sukses, dihadiri oleh seluruh Forkopimca, seluruh Kepala KUA dan Penghulu kabupaten Tuban.

bahkan kami juga bisa memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw dan diberikan tausiyah oleh bapak Kakankemenag Tuban," ujarnya.

Sebagai informasi, KUA Soko merupakan salah satu dari dua KUA revitalisasi yang ada di Kabupaten Tuban, satunya lagi KUA kecamatan Tuban.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Tuban di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut