get app
inews
Aa Read Next : KH Fathul Huda terpilih sebagai Rais Idaroh Wustha JATMAN Jawa Timur, masa khidmah 2023-2028

MUSDA Jami’iyyah Ahlith Thoriqoh Al-Mu’tabarah An-Nahdliyyah (JATMAN) Jawa Timur.

Minggu, 26 Februari 2023 | 19:41 WIB
header img
Suasana MUSDA Jami’iyyah Ahlith Thoriqoh Al-Mu’tabarah An-Nahdliyyah (JATMAN) Jawa Timur.

TUBAN, iNewsTuban.id – Jami’iyyah Ahlith Thoriqoh Al-Mu’tabarah An-Nahdliyyah (JATMAN) Jawa Timur, Sabtu, 25 Ferbuari 2023, menggelar Musyawarah Idaroh Wustho (MUSDA) di Ma'ahad Bahrul Huda, Jl. Letda Sutjipto Tuban, Jawa Timur.

 

Acara yang digelar selama dua hari, 25-26 Februari 2023 tersebut diikuti 750 peserta, yang terdiri dari para Mursyid, kyai dan Tamu undangan, serta pengurus Idaroh Syu’biyyah (tingkat Kabupaten-red) JATMAN, se - JAWA TIMUR.

 

Dalam kesempatan itu, hadir pula para kyai, seperti KH Miftahul Ahyar, Rois AM PBNU, sejumlah Habaib Jawa Timur, Forkompinda Tuban, dan ketua DPRD Tuban. 

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indarpawansa yang sedianya hadir, diwakilkan Asisten 3 Sekda Provinsi Jatim, Dr Ahmad Jazuli Msi.

 

Acara yang dibuka oleh KH Miftahul Ahyar Rois AM PBNU tersebut, dimulai sejak pukul 09.00 wib, dengan rangkaian acara; pembukaan, sidang komisi hingga pemilihan Idaroh Wustho (pimpinan Jawa Timur). 

 

Dalam sambutanya, KH. Miftachul Akhyar, mengungkapkan bahwa Jatman merupakan Banom NU yang memiliki struktur kengurusan terlengkap dari tingkat pusat hingga tingkat paling bawah, dan memiliki anggota antara 40-50 juta.

“Dari struktur organisasinya, ada rois ada mudir, ada katib ada sekretaris, dan terus sampai kepengurusan tingkat paling bawah. Andaikan, andaikan, andaikan, tapi insya Allah NU akan terus langgeng sampa yaulmil kiyamah. Andaikan  Nahdlotul Ulama bubar di tengah jalan maka yang layak dan sudah pas menggantikan adalah Jatman,” papar KH. Miftachul Akhyar, yang juga pengasuh Pondok Pesantren Miftachus Sunnah Surabaya ini.

 

“Karena dengan struktur yang sedemikian, banyak masyihnya, banyak ulamanya, saya kira layak menggantikan (Nahdlotul Ulama-red),” tandas KH Miftahul Ahyar disambut aplaus hadirin.

 

Dalam Musda yang digelar dilingkungan Pondok Pesantren yang diasuh mantan Bupati Tuban tersebut, akhirnya memilih KH Fathul Huda sebagai Rois (Idaroh Wusto) Jatman Jawa Timur, masa khidmah 2023-2028.

Jam’iyyah Ahlith Thariqah al-Mu’tabarah an-Nahdliyah (JATMAN) merupakan badan otonom yang berada di bawah naungan Nahdlatul Ulama (NU) yang beranggotakan tarekat-tarekat muktabarah di Indonesia. Secara harfiah, JATMAN ini berarti kumpulan para pengamal tarekat muktabarah NU.

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut