get app
inews
Aa Read Next : Antisipasi Penyalahgunaan Narkoba di Bulan Ramadhan, Satreskoba Polres Tuban Razia Narkoba

Presiden Jokowi Tanam Padi dan Kunjungi Pasar Tradisional Sambonggede

Kamis, 06 April 2023 | 18:31 WIB
header img
Presiden RI Jokowi saat menanam padi bersama petani di Desa Senori, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban

TUBAN, iNewsTuban.id - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, melakukan penanaman padi di Tuban, Jawa  Timur, kamis (6/4). Jokowi juga mengunjungi pasar tradisional untuk mengecek harga kebutuhan pokok jelang lebaran. Presiden Jokowi juga bagi-bagi sembako dan kaos, dan mengakibatkan ribuan warga rela berdesak-desakan hingga terjepit untuk mendapatkan sembako itu.

 

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Di Desa Senori, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Presiden Jokowi menuju kawasan daulat pangan serikat petani Indonesia, Jokowi juga melakukan tanam padi dan berdialog bersama sejumlah perwakilan petani di tengah sawah.

 

Setelah itu. Presiden Jokowi menuju pasar tradisional Desa Sambonggede, Kecamatan Merak Urak, Tuban untuk menyapa para pedagang sekaligus memberikan sejumlah bantuan sosial kepada warga di pasar.

Presiden Jokowi mengatakan, saat ini mayoritas petani di Tuban sudah menggunakan pupuk organic dan hal tersebut mendukung kembalinya sistem ekologi, pasca terjadinya kerusakan ekosistem di sawah akibat dampak dari pupuk kimia untuk tanaman padi.

 

Hal tersebut ditandai dengan banyaknya cacing sawah, kembalinya belut sawah dan juga katak sawah, yang sempat menghilang akibat dampak dari pemakaian pupuk kimia.

 

Lebih dari seribu hektar petani di kawasan Desa Senori, saat ini sudah menggunakan pupuk organic, untuk menghilangkan ketergantungan terhadap pupuk kimia yang kian hari kiang langka. Jokowi juga menyatakan bahwa seluruh dunia saat ini sedang mengalami kelangkaan pupuk.

Untuk itu, Jokowi mendukung para petani di Tuban yang saat ini sudah beralih menggunakan pupuk organic, yang harganya juga jauh lebih murah dibandingkan dengan harga pupuk kimia. Dalam satu hektar, biasanya petani menghabiskan biaya hingga Rp. 6.000.000, untuk membeli pupuk kimia. Sedangkan pupuk organic, petani hanya menghabiskan biaya Rp. 600.000 per-hektar.

 

Selain itu dampak positifnya adalah, harga gabah saat ini juga naik dan hal tersebut tentu saja sangat menguntungkan petani di Tuban.

 

“ini sangat bagus, petani di sini sudah menggunakan pupuk organic, cacing mulai banyak, belut juga mulai banyak dan juga katak sudah mulai banyak lagi, ekologi kembali lagi,” ujar Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia.

Di pasar Desa Sambonggede, kedatangan Jokowi sempat di warnai aksi dorong antara petugas dengan warga yang berebut sembako dan kaos dari Presiden Joko Widodo.

 

Orang nomor satu di Indonesia itu blusukan di pasar tradisonal Desa Sambonggede, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban. Kedatangannya pun disambut warga sejak pagi di sepanjang jalan menuju pasar itu.

 

Ribuan warga yang takut tidak kebagian paket sembako dan kaos dari Presiden Jokowi, terus merangsek maju sehingga aksi dorong warga dengan petugas pun tak terhindarkan. Bahkan yang belum kebagian terus berteriak memanggil pak Jokowi, minta sembako dan kaos.

 

Dalam kunjungannya, Presiden Joko Widodo mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Tuban, karena harga kebutuhan pokok di pasar tradisonal terpantau turun dibanding daerah-daerah lain. Ini dimungkinkan pasokan di daerah Kabupatren Tuban, melimpah termasuk pasokan daging ayam.

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut