get app
inews
Aa Read Next : Salahkah PSSI Manjakan Shin Tae-yong?

Luncurkan Kembali SUV Legendaris, Suzuki Ungkap Bukan Katana

Senin, 19 Juni 2023 | 17:38 WIB
header img
Suzuki Jimny dan Suzuki Katana sama-sama punya sedikit kemiripan bukan berarti akan mengaspal di Indonesia. (Foto: Instagram/Suzuki Katana Enthusiast)

JAKARTA, iNewsTuban.id - Suzuki mengungkapkan akan meluncurkan mobil sport utility vehicle (SUV) legendaris generasi terbaru. Mobil apakah itu?

Berbagai spekulasi pun muncul. Salah satunya kelahiran kembali Suzuki Katana. Sejak pertama kali diluncurkan pada 1986, Suzuki Katana sangat disukai masyarakat Indonesia. Mobil SUV kompak tiga pintu itu digemari karena bentuknya ringkas dan ideal dibawa ke berbagai kondisi jalan.

Pada 2006 Suzuki Indonesia tidak lagi memproduksi mobil tersebut. Nama Suzuki Katana kembali dibicarakan karena kesuksesan Suzuki Jimny generasi terbaru.

Bentuknya yang nyaris mirip membuat banyak orang teringat kembali dengan Suzuki Katana. Tidak heran jika banyak yang berharap Suzuki bisa kembali menghadirkan Suzuki Katana ke Tanah Air.

Apalagi faktanya Suzuki Katana dulu merupakan versi 4x2 dari Suzuki Jimny yang memang memiliki sistem penggerak empat roda. Bagaimana tanggapan Suzuki?

"Nama Suzuki Katana itu cuma ada di Indonesia. Jadi bukan produk global yang bisa saja dihadirkan kembali," ujar Marketing Director 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Donny Saputra.
 

Dia mengatakan meski Suzuki Jimny dan Suzuki Katana sama-sama punya sedikit kemiripan bukan berarti Suzuki Indonesia bisa dengan mudah melakukan perubahan. Jadi tidak bisa tiba-tiba sistem penggerak empat roda Suzuki Jimny diganti jadi sistem penggerak 4x2 agar jadi Suzuki Katana.

"Suzuki Jimny itu sudah paten penggerak empat roda. Jadi tidak bisa diganti," tegasnya.

Dia memahami saat ini banyak mobil-mobil lama dihadirkan kembali dan mendapatkan respons yang sangat positif dari masyarakat. Dia menilai ada kesalahpahaman informasi yang diterima masyarakat tentang mobil baru Suzuki yang akan dihadirkan di Indonesia.

Donny menjelaskan tahun ini memang akan hadir mobil baru berupa SUV legendaris. Tapi, mobil SUV legendaris itu bukanlah Suzuki Katana.  "Mobil itu adalah  ekstensifikasi model yang ada. Legendary SUV," kata Donny Saputra.

Menurutnya sesuai dengan fokus utama Suzuki di Indonesia tahun ini yakni memaksimalkan produksi lokal dan pengembangan mobil SUV. Menurutnya akan ada banyak SUV dari Suzuki yang disiapkan buat Indonesia. Namun, bukan Suzuki Katana.

Apakah Suzuki Jimny lima pintu? Menarik untuk ditunggu bagaimana keputusan Suzuki

Suzuki Jimny dan Suzuki Katana sama-sama punya sedikit kemiripan bukan berarti akan mengaspal di Indonesia. (Foto: Instagram/Suzuki Katana Enthusiast)

 

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Tuban di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut