get app
inews
Aa Read Next : Antisipasi Penyalahgunaan Narkoba di Bulan Ramadhan, Satreskoba Polres Tuban Razia Narkoba

HUT RI ke-78, Pengrajin Kostum Karnaval Unik Bermotif Kerajaan di Nusantara Kebanjiran Order Sewa

Minggu, 13 Agustus 2023 | 20:22 WIB
header img
Salah satu model saat memakai kostum Carnival hasil karya Bang Ji.

TUBAN, iNewsTuban.id - Perayaan HUT RI ke-78 menjadi berkah tersendiri bagi pengrajin kostum karnival unik bermotif kerajaan Nusantara, di Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Puluhan kostum hasil kreasinya laris manis disewa pelanggan untuk mengikuti karnaval/ baik di tinggat desa, antar sekolah maupun di tingkat kabupaten. Puluhan set kostum karnival inipun sudah habis disewa para pelanggannya, selama musim perayaan tujuh belasan tahun ini.

Usaha persewaan kostum karnival yang dirintis Eko Warji Susanto atau yang akrab di panggil Bang Ji, yang berada di Jalan Sumber Makmur, Desa Kasiman, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Jawa Timur ini kini ramai pelanggan, yang berburu kostum karnival untuk perayaan Kemerdekaan RI yang ke-78.

Bang Ji pun tampak sangat sibuk. Sejak sebulan terakhir, pengrajin kostum karnival ini harus bekerja ekstra menyelesaikan beberapa desin kostum bermotif Kerajaan-kerajaan di Nusantara, yang terus dipesan oleh para pelanggan.
 


Tak hanya berkualitas, kostum karnaval karya Bang Ji banyak diminati masyarakat karena memiliki bentuk unik, original, serta mengangkat budaya lokal. Salah satunya menggunakan orname motif kerajaan khas daerah setempat sebagai bahan.
 
Sejak tahun 2013 berkarya, Bang Ji telah memiliki puluhan kostum unik bermotif baik kerajaan dengan mahkotanya yang menjulang, maupun motif Poseidon atau kerajaan laut.

Memasuki bulan agustus ini, puluhan set kostum telah disewa pelanggan untuk mengikuti karnaval. Namun banyaknya pesanan pembuatan kostum, membuat Bang Ji kewalahan karena keterbatasan waktu dan tenaga.
 


Untuk persewaan satu set kostum karnaval ini, Bang Ji mematok harga mulai dari Rp. 1 juta hingga Rp. 2 juta plus rias dan make up, tergantung modelnya.
 
“ini saya mau sewa untuk karnival agustusan, disini modelnya bagus-bagus, keliahatannya berat ternyata setelah di pakai sangat ringan dan nyaman,” ungkap Devi Nur Lailia, pelanggan asal Kecamatan Montong.

Tak hanya warga lokal Tuban saja, kostum karya Bang Ji ini juga banyak diminati warga luar daerah. Diantaranya Lamongan, Gresik, Bojonegoro hingga Rembang, Jawa Tengah.


Bahkan kostum hasil karya Bang Ji ini sudah sering tampil dibeberapa event bertaraf nasional seperti di Solo, Nganjuk, bahkan juga pernah tampil di event JFC (Jember Fashion Carnival) dan meraih juara pertama.

Kostum carnival karya Bang Ji ini akan dipakai di event-event tingkat desa, antar sekolah, maupun di event Kabupaten Tuban. Uniknya, kostum karnival karya Bang Ji mengangkat ikon tokoh legenda lokal yang pernah hidup dan mewarnai cerita sejarah di Tuban, seperti Putri Nglirip, Putri Asih, Lanjar Maibit dan Sri Huning.
 
“ini bikin kostum karnival, saya merintis ini mulai 2013, sangat ramai kalau bulan agustus seperti ini, ramai sekali sampai kewalahan bikinnya, saya dibantu empat karyawan, karya saya pernah saya tampilkan di Solo, Nganjuk juga sudah pernah, bahkan di JFC, Jember Fashion Carnival juara satu,” ujar Eko Warji Susanto, yang akrab disapa Bang Ji.


Selama musim karnaval agustusan, persewaan kostum karnival miliknya beromzet hingga puluhan juta rupiah, dari puluhan set kostum karnival yang ia sewakan.

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut