get app
inews
Aa Read Next : Antisipasi Penyalahgunaan Narkoba di Bulan Ramadhan, Satreskoba Polres Tuban Razia Narkoba

IGI Jawa Timur Melantik Pengurus Baru IGI Tuban Hasil Perubahan Pertama

Kamis, 24 Agustus 2023 | 09:34 WIB
header img
Proses pelantikan Pengurus Baru IGI Tuban.

TUBAN, iNewsTuban.id - Pengurus Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Tuban, Jawa Timur perubahan pertama, resmi dilantik oleh Ketua Wilayah IGI Jawa Timur, Sukari di gedung DPRD Kabupaten Tuban, Minggu, (20/8/2023). 

 

Acara tersebut dihadiri oleh pengurus IGI Jawa Timur, IGI Kabupaten Bojonegoro, IGI Kabupaten Lamongan, dan IGI Kabupaten Tuban. Acara pelantikan ini merupakan rangkaian kegiatan pelatihan manajemen organisasi, dimana Tuban bertindak sebagai tuan rumah.

 

Ketua IGI Tuban Ikhwan Fahrudin, saat dikonfirmasi menekankan 4 hal dalam periode kepengurusannya. Pertama IGI Tuban terus berkarya untuk negeri. Kedua, sinergi dan kolaborasi dengan segala unsur pendidikan. 

Ketiga, peningkatan pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) guru dan literasi digital. Keempat, optimalisasi media dan kerja sama antar lembaga, katanya.

 

Lebih lanjut, Ikhwan Fahrudin mengatakan bahwa pengurus perubahan pertama periode 2021-2026 ini dibentuk dan dilantik sebagai bentuk penguatan organisasi dan SDM guru yang andal. Sebagai komitmen bahwa sebagai organisasi profesi guru yang fokus ke peningkatan mutu pendidikan di tanah air.

 

Selain itu, Ia juga menekankan bahwa guru harus saling bersinergi untuk kualitas pendidikan di Indonesia. Semua pihak perlu kolaborasi demi cita-cita besar Tuban sejahtera dan maju pendidikannya, ujar guru yang juga sebagai fasilitator nasional program organisasi penggerak Kemendikbud Ristek ini, Rabu, (23/8/2023)

“Dalam momen ini kami siap menyukseskan program pemerintah Kabupaten Tuban untuk peningkatan IPM dan menjadikan pendidikan lebih maju,” ungkap Fahri guru muda asli Babat Lamongan ini.

 

Sementara itu, Ketua IGI Wilayah Jawa Timur, Sukari mengatakan bahwa sudah saatnya digitalisasi pembelajaran guru terus ditingkatkan. 

 

Tak hanya itu dia juga mengajak semua hak agar saling kolaborasi untuk menyukseskan. Ia juga apresiasi kegiatan ini dan ke depan bisa saling sinergi dalam mendukung program pemerintah dalam kemajuan pendidikan.

“Ini bisa jadi sebagai embrio untuk guru yang lebih kompeten dan profesional demi peradaban di era digital. Bahwa penguatan organisasi dan SDM guru amatlah penting. Di zaman yang serba teknologi informatika yang pesat perlu disiapkan kompetensi,” terang guru SMA Muhammadiyah di Gresik ini.

 

Di sisi lain, Moh. Zaki Aminudin guru SMPN 1 Tuban yang baru saja dilantik ini berterima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh IGI Tuban. Ia merasa bangga bisa bergabung dengan circle guru-guru pembelajar. 

 

Bahwa penting bagi guru untuk terus beradaptasi dan sigap di era digital. Mampu berliterasi digital dalam mengembangkan profesinya.

Cikgu Zaki menambahkan bahwa generasi ke depan sangat tergantung dengan kualitas guru dan pendidikan saat ini.

 

Dalam hal ini, pemerintah perlu dukungan dari semua pihak. Sama-sama hadir untuk perubahan baik, tindak lanjut ke depan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, terang mantan pendidik SILN Malaysia 2017-2022 ini.

 

Selain pelantikan, juga digelar sarasehan dengan narasumber Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Abdul Rakhmat, KGBN Tuban, IGPT, KGP Tuban, Belajar.id Tuban.

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut