get app
inews
Aa Read Next : Antisipasi Penyalahgunaan Narkoba di Bulan Ramadhan, Satreskoba Polres Tuban Razia Narkoba

Kebakaran Lahan Kosong Kilang Minyak, Kerugian Capai Puluhan Miliar Rupiah

Selasa, 05 September 2023 | 20:02 WIB
header img
Petugas Damkar saat melakukan pembasahan lahan yang terbakar.

TUBAN, iNewsTuban.id - Kebakaran lahan area rencana pembangunan kilang minyak Grass Root Refinery (GRR) di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Selasa dini hari berhasil dipadamkan.

Dampak kejadian ini, kayu jati hasil tebangan saat pembebasan lahan senilai Rp75 miliar, hangus terbakar bersama rerumputan kering dan ilalang di lahan kosong bekas hutan jati tersebut.

Lahan kilang minyak Grass Root Refinery (GRR) yang berada di Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban terbakar. Angin kencang dan padang rumput kering, dalam sekejap melahap ratusan hektar lahan kosong.

Kebakaran lahan milik kilang minyak pada Senin kemarin itu, saat ini sudah dapat dipadamkan sekitar pukul 04.30 dini hari tadi.

Meskipun sudah berhasil dipadamkan, namun petugas gabungan dari Satpol-PP Damkar, TNI-Polri dan pihak Pertamina masih standby di lokasi, untuk melakukan pembasahan, guna mencegah timbulnya titik api baru.

Meskipun sudah padam, petugas gabungan masih melakukan pembasahan, karena khawatir ada kemungkinan potensi muncul titik-titik api baru. Sehingga perlu dijaga dan dipadamkan, kalau dibiarkan bisa menjadi penyebab kebakaran baru.

“Api sudah padam tadi pagi, namun petugas masih di lokasi untuk melakukan pembasahan, dikhawatirkan muncul titik api baru,” ujar Gunadi, Kasatpol PP dan Damkar Tuban.

Untuk menjinakkan si jago merah, sedikitnya dua puluh empat mobil pemadam kebakaran dari Pemkab Tuban dan perusahaan yang ada dikerahkan ke lokasi kejadian. Petugas Damkar dibantu anggota TNI-Polri dan security, harus berjibaku memadamkan api dari semua sisi lokasi yang terbakar.

 

Selain melahap padang rumput kering di lahan yang terbakar kurang lebih 155 hektar itu, api juga menghanguskan ribuan batang pohon jati hasil tebangan, saat pembebasan lahan Perhutani waktu itu. Untuk itu pihak kilang minyak GRR Tuban, mengalami kerugian sekitar tujuh puluh lima milyar rupiah.

 

Hingga saat ini, petugas pemadam kebakaran masih disiagakan untuk melakukan pembasahan dari sisa-sisa bara api yang ada di area kilang minyak tersebut. Hal ini dikhawatirkan akan memicu kembali terjadinya kebakaran lahan.

“kami dan TNI turut membantu petugas untuk memadamkan api di lokasi, kerugian sekitar tujuh puluh lima milyar, karena kayu jati yang terbakar,” ungkap Iptu Rianto, Kapolsek Jenu.

 

Hingga saat ini, pihak kepolisian belum menerjunkan tim Inafis untuk melakukan investigasi penyebab terjadinya kebakaran. Namun kebakaran sebelumnya, diduga disebabkan oleh putung rokok milik orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ.

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut