get app
inews
Aa Read Next : Berkah Perayaan Kemerdekaan, Jasa Persewaan Kostum di Tuban Laris Manis

Festival Seni Sukorejo ke-5, Sambung Roso Mbangun Budaya

Kamis, 05 Oktober 2023 | 06:06 WIB
header img
Salah satu pementasan dalam Festival Seni Sukorejo ke 5

TUBAN, iNewsTuban.id – Sebagai satu-satunya Desa Budaya di Kabupaten Tuban, Desa Sukorejo, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban, rutin menngadakan gelaran pentas budaya yang spektakuler yang bergelar Festival Seni Sukorejo yang digelar setahun sekali. Gelaran Festival Seni Sukorejo ini sudah yang ke-5 kalinya digelar. Festival seni yang diisi oleh pementasan ratusan senimanari berbagai kota itu, digelar selama 4 hari berturut-turut.

Festival Seni Sukorejo merupakan upaya Pemerintah Desa Sukorejo dalam rangka membranding Desa Wisata Budaya, untuk mengembangkan dan memberikan wadah atau ruang warga setempat untuk berekspresi dalam balutan seni dan budaya. Selain itu Festival Seni Sukorejo juga memberikan dampak secara langsung terhadap perkembangan UMKM yang menjadi salah satu penunjang adanya Desa Wisata Budaya.

Dihari pertama, penampilan diawali dengan kolaborasi parade bedug, Terbang Bancahan, dan pemutaran dokumenter FSS. Kemudian dilanjut dengan wayang sinema, wayang kekinian yang dipadu dengan pencak dor dan perguruan silat.


Hari kedua diawali dengan pawai budaya dan karnaval pawai tumpeng, campursari SDN Sukorejo 1, penampilan Bryan and Friends, Unen-unen Rengel, Geguritan, Musikalisasi Puisi, Djarot Solo, Keroncong Unesa dan sejumlah band. Sementara hari ketiga, diisi dengan pementasan dari sejumlah sekolahan baik dari SMP, SMA dan perguruan tinggi yang kemudian disambung dengan pementasan Sanggar Seni Ngripto Raras dan Pakeliran Padat.

Dihari terakhir atau hari keempat, pentas seni Sanggar Sayap Jendela mengawali penampilan, yang dilanjutkan dengan Sanggar Kridha Hambesa, Yuli Setyanto, Sanggar Kridha Wira, Gendruwon Ayon-ayon, jaranan dan Barong Kolosal.

Tokoh budayawan Desa Sukorejo, Eko Hardoyo atau yang akrab dipanggil Eko Kasmo mengatakan, Festival Seni Sukorejo terus akan ditampilkan rutin setahun sekali, dengan menghadirkan seniman-seniman berbakat baik muda maupun yang sudah memiliki jam terbang tinggi.


“kami akan terus menampilkan pentas budaya yang sudah menjadi ikon di desa kami, dan sudah sangat melekat dengan adat dan budayanya yang kuat, oleh karena itu kedepan kami akan terus meningkatkan kegiatan berkesenian agar seni budaya di Tuban terus lestari karena Tuban merupakan daerah yang kaya akan budaya dan kearifan lokal,” ujar Eko Kasmo kepada iNewsTuban.id.

Festival Seni Sukorejo ke-5 ini didukung penuh oleh Pemerintah Desa, Seniman dan budayawan, Pemerintah Kabupaten Tuban, pihak swasta dan Perbankan di Tuban.

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut