get app
inews
Aa Read Next : Berkah Perayaan Kemerdekaan, Jasa Persewaan Kostum di Tuban Laris Manis

Kampung RT 02 RW 01 Desa Prunggahan Kulon, Kampung Idaman Berseri

Sabtu, 07 Oktober 2023 | 15:45 WIB
header img
Tim penilai Kampung Idaman Berseri dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tuban saat memotong pita.

TUBAN, iNewsTuban.id – Memiliki kampung yang bersih, asri adalah dambaan setiap warga. Pun yang ada di salah satu lingkungan di Desa Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, yaitu warga RT 02 RW 01, seluruh warganya memiliki kesadaran untuk melestarikan lingkungnannya agar tetap bersih dan asri.

Baru-baru ini, bahkan RT 02 RW 01 masuk dalam kriteria kampung yang bersih, sehingga masuk dalam daftar peserta lomba Kampung Idaman Berseri, yang diselenggarakan ileh Pemkab Tuban. Bahkan Tim penilai dari Dinas Lingkungan Kabupaten Tuban, juga telah mendatangi langsung kampung tersebut, dan membuktikan secara langsung guyub rukun warga RT 02 RW 01 Desa Prunggahan Kulon tersebut, dalam menjaga dan melestarikan lingkungan agar tetap bersih dan asri, seperti harapan semua warga.

Ketua RW 01, Desa Prunggahan Kulon, Dodik Tri Aryanto menyatakan kebahagiannya bahwa kampungnya tersebut masuk kriteria kampung bersih sehingga masuk daftar lomba Kampung Idaman Berseri.


“Alhamdulillah, saya perwakilan dari warga dan kampung kami ditunjuk sebagai Kampung Idaman Berseri,” ucap Dodik panggilan akrabnya.

Dodik menambahkan, jika lomba KIB tersebut merupakan ujung tombak dari kontestasi atau kejuaraan menuju Kampung Idaman Berseri sesuai kriteria yang dimaksud.

“Saya lakukan hari ini sebagai ujung tombaknya, semoga ini berkah dan barokah dan mungkin insyaallah kita tetap melestarikan lingkungan ini,” imbuhnya.


Dodik berharap bahwa kampungnya benar-benar kampung  yang terus menjaga kebersihan lingkungan sekaligus melestarikannya, dan ia berharap seluruh warga RW 01 tetap antusias mengikuti lomba KIB tersebut dan tetap guyub rukun menjaga lingkungan.

“Harapannya kita masih bisa menjaga terutama melestarikan lingkungan, kita nggak muluk-muluk semoga warga kita tetap antusias dan guyub rukun,” harapnya.

Senada dengnan Dodik, Kepala Desa Prunggahan Kulon, Siswoko juga berharap Desa Prunggahan Kulon yang dipimpinnya itu bisa melangkah ke jenjang yang lebih tinggi untuk mengikuti lomba KIB tersebut.


“harapan kami bersama, kami sangat mengharap untuk kali ini bisa melangkah ke jenjeng yang lebih tinggi, paling tidak di kabupaten bisa ke provinsi,” kata Siswoko.

Pihaknya mengapresiasi warga RT 02 RW 01 yang telah bersama-sama menciptakan  yang bersih dan asri, sehingga membuat warganya nyaman ketika melihat kampungnya indah.

“kami sangat mengapresiasi untuk lingkungan RW 1, warga telah guyub rukun bersatu warga untuk menciptakan kamppung idaman berseri, intinya kita guyuib rukun mamanfaatkan lingkungan dan harapannya bisa melangkah ke jenjang yang lebih tinggi,” ujarnya.


Sementara itu, salah satu tim penilai dari program Kampung Idaman Berseri, Dinas Lingkungan Hidup, Pemkab Tuban, Ridwan mengatakan, bahwa progam tersebut merupakan program dari kabupaten yang merupakan program penunjang dari Adipura.

“ini merupakan program dari kabupaten, ini adalah Kampung Idaman Berseri dimana ini merupakan tindak lanjut yang ada di kementerian itu kan nada program Adipura, jadi ini penunjang dari kegiatan Adipura jadi di adakan Kampung Idaman Berseri,” katanya.

Kampung Idaman Berseri merupakan kependekan dari Indah dan Nyaman, Bersih Asri dan Lestari, jadi pihak Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tuban merupakan bagian dari Tupoksi untuk melestarikan lingkungan hidup. Pihaknya salut dan sangat mengapresiasi kegigihan warga RT 02 RW 01 Desa Prunggahan Kulon yang telah menciptakan kampung Idaman Berseri dan semua item-itemnya terpenuhi sehingga layak diperjuangkan ke jenjang yang lebih tinggi.


“kami dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tuban yang merupakan bagian dari tupoksi untuk melestarikan lingkungan, kami sangat mengapresiasi warga RT 02 RW 01, disini sangat luar biasa item item yang masuk dalam kriteria penilaian KIB, semua item terpenuhi dan disini sangat guyuh, sangat antusias kami di Kabupaten sangat berharap terkait dengan pola pikir memang tertumbuhkan dari warga dari yang terkecil yaitu rumah tangga,” pungkasnya.

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut