get app
inews
Aa Read Next : Antisipasi Penyalahgunaan Narkoba di Bulan Ramadhan, Satreskoba Polres Tuban Razia Narkoba

Viral di Medsos, Aksi Buang Tinja Satu Tangki ke Rumah Tetangga

Rabu, 06 Desember 2023 | 20:09 WIB
header img
Tinja yang dibuang di halaman rumah Setyowati sesaat setelah dibuang dari truk tangki pengangkut tinja

TUBAN, iNewsTuban.id - Aksi buang tinja ke rumah tetangga di Tuban, Jawa Timur, viral di media social. Video tersebut di unggah akun instagram @terang _media yang memperlihatkan aliran kotoran tinja, yang sengaja dibuang oleh warga sehingga membanjiri halaman rumah tetangganya.

Parahnya, tinja yang dibuang di halaman rumah itu satu tangki. Kedua pihak pun kini sudah didamaikan pihak Pemerintahan Desa dan Kepolisian setempat.

Aksi buang tinja tersebut terjadi di Desa Banyuurip, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Kejadian itu dipicu lantaran adanya perseteruan yang melibatkan dua keluarga, yang masih saling bertetangga.


Dalam video amatir yang terlihat, juga tampak kotoran tinja yang sengaja dibuang dari atas, kemudian mengalir ke bawah ke halaman rumah milik Setyowati.

Terlihat dalam video tersebt, bahwa kotoran manusia berwarna hitam dan bercampur air itu mengalir dari atas. Kotoran tersebut melewati tangga berundak yang merupakan jalan setapak menuju halaman rumah Setyowati.

Video tersebut bahkan mendapatkan komentar dari para pengguna media social. Tak sedikit dari warganet yang menyayangkan aksi tersebut.


Sementara itu dalam keterangan video tersebut, juga di tulis “perekam: tolong di viralkan di depan rumah kakakku, di jawa banyuurip, kecamatan senori, kabupaten tuban, di buangi kotoran manusia, aku sebagai adeknya dengar kabar sedih, harusnya tentang itu lah jadi saudara bukan menjadi musuh, damai itu indah,” tulisnya.

“itu dari mobil tinja, orangnya juga sambil ngancam mau dihabisin katanya, tapi kk oma janda mau bilang apa hanya nangis bisanya," imbuh komentar di instagram tersebut.

“kejadian itu terjadi tanggal 28 desember 2023 dan sudah di damaikan oleh perangkat desa saat itu juga, dalam surat keterangan pelaku berjanji tidak mengulangi lagi perbuatannya,” kata Kompol Ali Khanafi, Kapolsek Senori.


Kondisi terkini di lokasi rumah Setyowati, yang di aliri satu tangki tinja oleh Martono, sudah dibersihkan namun masih ada bekas-bekas tinja di lokasi.

Jalan tersebut merupakan akses satu-satunya keluarga Setyowati, sehingga dengan adanya pembuangan tinja itu, pemilik rumah merasa terganggu.

Pelaku pembuangan tinja, adalah Martono, tetangganya sendiri yang memang memiliki usaha sedot WC. Martono mengaku tidak sengaja dan siap membersihkan tinja yang mengalir  di halaman rumah Setyowati.


“ya enggak tau mas tiba-tiba kan datang airnya, kirain ibuk air biasa, terus ibuk ke atas ternyata air tinja satu tangki,” ungkap Setyowati, pemilik rumah.

Peristiwa ini dipertegas oleh pihak kepolisian, dengan memanggil kedua belah pihak ke balai desa setempat, untuk dilakukan mediasi.

Hasil dari mediasi, kedua belah pihak sepakat untuk saling memaafkan dan pelaku siap membersihkan sisa-sisa tinja yang masih ada.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Tuban di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut