get app
inews
Aa Read Next : Antisipasi Penyalahgunaan Narkoba di Bulan Ramadhan, Satreskoba Polres Tuban Razia Narkoba

Bubur Muhdhor, Bubur Khas Untuk Takjil Buka Puasa Selama Bulan Ramadhan

Jum'at, 15 Maret 2024 | 10:12 WIB
header img
Warga tampak berdesak-desakan saat antri Bubur Muhdhor yang akan disantap saat buka buasa bersama keluarga di rumah.

TUBAN, iNewsTuban.id - Masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, mempunyai sajian khas untuk takjil di bulan ramadhan. Namanya Bubur Mudhor, makanan yang terbuat dari beras, santan kelapa, daging gulai kambing serta bumbu rempah ini, memilik cita rasa yang khas Timur Tengah. Uniknya, yang memasak bubur ini semuanya adalah kaum laki laki keturunan Arab.
 
Bubur Muhdhor, nama bubur ini diambil dari nama Masjid Muhdhor yang berada di Jalan Pemuda, Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.
 
Proses pengolahan Bubur Muhdhor, berada di halaman depan Masjid Muhdhor. Bubur ini kemudian dibagikan secara gratis sebagai menu takjil atau buka puasa bagi warga sekitar dan para takmir masjid dan musholla sekitar.

 
Selepas adzan dhuhur, kaum laki-laki keturunan Arab ini bergotong-royong bersiap-siap, untuk memasak Bubur Muhdhor. Kuali besar yang dipenuh beras beserta air panas, kemudian bumbu tambahan seperti rempah-rempah, garam, santan kelapa dan bumbu gulai kambing khas Timur Tengah, dimasukkan ke dalam kuali besar itu.

“bubur gulai mudhor Masjid Mudhor, Bubur Mudhor tiap tahun sekali, rasanya enak, gurih dan mantap untuk menambah stamina,” ujar Amar, penikmat Bubur Mudhor.
  
Tradisi ini sudah dilakukan dari tahun ke tahun saat bulan ramadhan sejak jaman penjajahan Belanda. Ratusan warga sekitar rela mengantri, untuk dapat menikmati bubur dengan rasa khas Timur Tengah ini.

 
Awalnya Bubur Muhdhor hanya dibuat untuk kaum dhuafa atau janda-janda saja. Namun seiring berjalannya waktu, kudapan khas yang ada hanya di tiap bulan ramadhan ini, boleh dicicipi semua kalangan masyarakat dan jamaah masjid yang ingin menikmatinya.

Bubur Muhdhor saat ini juga di bagi-bagikan kepada takmir masjid dan musholla yang ada di sekitar Masjid Muhdhor.

“dulu sejarahnya bubur Masjid Mudhor ini di mulai pada tahun 1937, pembuatan bubur ini dulu berdasarkan tokoh masyarkat yang ada dan ini spesial hanya ada di bulan ramadhan aja, orang orang jaman dulu sangat suka bubur ini untuk berbuka puasa dan di santap selepas sholat trawih, ada bumbu khusus yang khas Timur Tengah,” ungkap Alwi Ba'agil, jubir Masjid Muhdhor .
  
Untuk pembuatan bubur setiap harinya dibutuhkan 30 kilogram beras, serta daging kambing 10 -15 kilogram. Bubur ini juga disajikan secara langsung untuk jamaah Masjid Muhdhor, yang mau berbuka bersama di area masjid.

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut