get app
inews
Aa Read Next : Peringati Harlah ke 59, DKC CBP KPP Tuban laksanakan Apel

Usai Tahap Uji Coba, Tuban Abirama Dievaluasi Keseluruhan

Selasa, 23 April 2024 | 07:44 WIB
header img
Saat soft opening Tuban Abirama beberapa waktu yang lalu.

TUBAN, iNewsTuban.id - Soft opening Rest Area yang kini berganti nama Tuban Abirama telah melalui tahap uji coba yang berakhir pada 13 April 2024 kemarin. 

 

Setelah penutupan uji coba operasional Tuban Abirama tersebut, Pemkab Tuban melalui Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (Kopumdag) telah melakukan evaluasi secara keseluruhan. 

 

"Tahap evaluasi sudah mulai kita lakukan sejak Minggu 14 April 2024 kemarin," kata Kepala Dinas Kopumdag Kabupaten Tuban, Agus Wijaya saat dikonfirmasi awak media.

Kata dia, tahap evaluasi ini penting dengan pertimbangan agar pengelolaan Tuban Abirama bisa dikelola secara profesional. Tapi faktanya sejak soft opening yang dilaksanakan pada 5 April 2024 yang lalu, pengelolaan Tuban Abirama belum bisa dikelola dengan baik. Mulai dari penataan parkir, kebersihan, tenan pengisi hingga beberapa bangunan yang mungkin perlu ada evaluasi lagi.

 

"Yang pasti evaluasi itu dalam rangka mempersiapkan pengelolaan yang baik dan sesuai harapan," tegasnya.

 

Kata Agus, tahap evaluasi ini akan terus dilalukan hingga waktu yang belum bisa disampaikan. Akan tetapi, bila semua sudah siap termasuk pengelolaan professional maka akan dibuka kembali. 

"Harapan kami ketika nanti sudah grand opening, maka seluruh operasional sudah benar-benar siap. Intinya untuk grand opening akan dilaksanakan dengan menunggu hasil evaluasi dari hasil uji coba yang kemarin. Karena poin-poin yang diambil tersebut untuk perbaikan kedepan," bebernya.

 

Sementara itu, terkait parkir di Tuban Abirama hingga saat ini belum ada pengelolaan secara professional dari dinas. Jika ada tuduhan kepala dinas menerima 25 persen dari hasil parkir itu tidak benar.

 

"Jadi belum ada penataan parkir, dan tuduhan itu tidak benar," imbuhnya.

Diketahui sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban telah menggelar soft opening Tuban Abirama yang sebelumnya sebagai tempat rest area, pada Jum'at (5/4/2024) sore. Kegiatan soft opening Tuban Abirama itu ditandai dengan santunan yatim piatu pada 2.000 anak secara serentak.

 

Dalam tahap pengenalan awal Tuban Abiramaini juga dihadiri Hj Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur Periode 2019 - 2024. Tak hanya itu, pejabat Pemprov Jatim Akhmad Jazuli sebagai Asisten Administrasi Umum juga tampak hadir meramaikan soft opening tersebut.

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky mengatakan, Tuban Abirama ini nantinya bisa memajukan roda ekonomi yang ada Bumi Ronggolawe. Tentu nama Abirama sendiri memiliki arti yang berasal dari bahasa sansekerta. Yaitu memiliki arti kata selaras, serasi, dan berkesinambungan. Pemaknaan selaras dan serasi memiliki arti cerminan pembangunan di kabupatenTuban yang dijalankan dengan semangat kolaborasi dan sinergi. 

 

"Sedangkan, makna Berkesinambungan memiliki arti bahwa pembangunan di Kabupaten Tuban berkat keberhasilan terdahulu yang terusdi kembangkan," ujarnya.

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut