get app
inews
Aa Read Next : Berkah Perayaan Kemerdekaan, Jasa Persewaan Kostum di Tuban Laris Manis

Libur Panjang Sekolah, Berwisata Sambil Edukasi Pembuatan Tepung Sagu di Wisata Pelang Tuban

Sabtu, 06 Juli 2024 | 16:40 WIB
header img
Anak-anak dari Taman Kanak-kanak Bojonegoro sedang berwisata sambil edukasi pembuatan tepung Sagu di Wisata Pelang, Desa Tahulu, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban.

TUBAN, iNewsTuban.id - Bosan berwisata ke Pantai, gunung, serta taman bermain?? Mungkin anda perlu mencoba wisata edukasi kebun sagu di Kabupaten Tuban, Jawa Timur. 

 

Sambil berlibur, anak-anak bisa mengenal alam dan belajar membuat makanan berbahan baku sagu. Pada libur panjang sekolah, wisata edukasi kebun sagu ramai diserbu pengunjung dari luar daerah.

 

Kebun sagu di Desa Tahulu, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, ramai pengunjung dari luar daerah. Bukan untuk menebang pohon atau membeli makanan berbahan sagu, sebaliknya mereka berkunjung untuk liburan. 

 

Wisata berkonsep rekreasi keluarga dan edukasi ini, dikelola oleh kelompok masyarakat sadar wisata desa setempat. Tak hanya refreshing melepas penat, pengunjung juga dapat belajar mengenal alam sekitar dan membuat makanan berbahan dasar batang pohon sagu.

 

Sejumlah pemandu disiapkan, untuk mendampingi dan mengajari pengunjung yang didominasi anak-anak sekolah ini. Mulai mengenal pohon sagu, memahami manfaatnya, hingga praktik mengolah pohon sagu, hingga menjadi tepung dan makanan.

 

Setelah itu pengunjung akan diajak menjelajahi perkebunan sagu. Diawali dengan jalan kaki, kemudian pengunjung diajak naik perahu, menyusuri sungai dan diakhiri dengan memberi makan ikan warna-warni penghuni Sungai. Rasanya sangat seru sekali.

 

“saya Ais dari Tulong. kesini tadi sama teman-teman. mainan membuat tepung sagu, memberi makan ikan dan main perahu, seru, sangat senang,” ungkap Air, pengunjung anak-anak.

 

“dari Bojonegoro dalam rangka liburan sambil belajar dan bermain, disini di ajari membuat tepung sagu, memberi makan ikan dan naik eprahu. anak-anak senang sekali, ceria, kesini baru sekali ini,” ujar Mujinah, guru TK Nurul Huda Bojonegoro.
 


Musim libur panjang sekolah kali ini, Wisata Pdan kebun sagu ramai diserbu pengunjung. Pada sabtu-minggu, jumlah pengunjung mencapai empat ribu orang per hari. 

 

Peminat wisata edukasi sagu ini didominasi rombongan sekolah, mulai jenjang Paud, TK hingga sekolah dasar. Tarif masuk Wisata Pelang ini dipatok Rp 50.000 per-anak, sudah termasuk satu pendamping orang tua.

 

“wisata kita disini ada dua wisata keluarga dan wisata edukasi, paket edukasi ini kita ada bimbingan kepada anak-anak TK, Paud atau SD di wilayah Tuban dan sekitarnya, dalam edukasi ini kita perkenalkan wisata alam yang ada di kita, terutama mengenal manfaat pohon sagu yang sudah mulai punah,” kata Agus Susanto, Ketua Pokdarwis Desa Tahulu.

 

Wisata edukasi sagu ini sangat cocok untuk anak-anak. Tak hanya memberi pengetahuan baru tentang sagu, tapi juga menanamkan rasa cinta terhadap alam dan lingkungan sekitarnya.

 

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut