get app
inews
Aa Read Next : Berkah Perayaan Kemerdekaan, Jasa Persewaan Kostum di Tuban Laris Manis

Tahun Ajaran Baru, Pasar Tradisional Tuban Diserbu Warga Berburu Perlengkapan Sekolah

Jum'at, 12 Juli 2024 | 09:48 WIB
header img
Jelang tahun ajaran baru, tampak Ibu-ibu dan anak-anaknya sedang berburu perlengkapan sekolah di kios Pasar Baru Tuban.

TUBAN, iNewsTuban.id - Menjelang tahun ajaran baru, penjual perlengkapan sekolah di Pasar Tradisional Kabupaten Tuban, Jawa Timur, laris manis diserbu oleh pembeli. Selain bermacam-macam pilihan dan harga barang-barang lebih murah dibandingkan di toko modern, omset penjualan para pedagang melonjak drastis hingga berkali-kali lipat.
 


Menjelang tahun ajaran baru 2024 ini, penjual perlengkapan sekolah di Pasar Tradisional Tuban laris manis diserbu pembeli. Kondisi tersebut salah satunya dirasakan kios milik Alfiati, di dalam area Pasar Baru Tuban, yang berada di Jalan Gajah Mada Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.
 
Sejak lapak dibuka, ibu-ibu beserta anak-anaknya yang hendak masuk sekolah, silih berganti datang untuk membeli perlengkapan sekolah yang dibutuhkan menjelang tahun ajaran baru ini.

 

Meskipun kios ini terlihat sederhana, namun perlengkapan sekolah yang dijual sangat lengkap seperti buku tulis, buku gambar, peralatan tulis, penggaris hingga kotak pensil, semua kebutuhan pelajar tersedia, serta berbagai macam pilihan merek dan kualitas.

 

Selain itu harganya juga dianggap lebih murah jika dibandingkan membeli di toko-toko modern.
 
Untuk satu pack buku berisi satu lusin atau 12 Pcs antara Rp 28.000 hingga Rp 50.000 tergantung pada merk dan jumlah isinya.

 

Sementara untuk polpen dan pensil dijual di kisaran harga Rp 1.000 sampai dengan Rp 4.000 per-Pcs. Kemudian kotak pensil dijual di harga Rp 10.000 hingga Rp 45.000 tergantung jenisnya.
 


Salah satu pembeli yang bernama Kayla mengatakan, lebih memilih membeli belanja di pasar, karena harganya lebih murah dan banyak bermacam pilihan.
 
“tadi beli buki sama perlengkapan sekolah untuk tahun ajaran baru kan perlu buku dan peralatan sekolah lainnya. karna harganya murah pilihanny juga banyak. beli buku, pulpen dan tempat pensil,” ujar Kayla, pembeli.

 

Tahun ajaran baru pada tahun 2024/ 2025 ini menjadi berkah tersendiri bagi penjual perlengkapan sekolah. Tahun ini omset penjualannya meningkat berkali- kali lipat, dibandingan dengan hari- hari biasa.

 
“meningkat, kalo hari hari biasa buku endak begitu paling ya satu box kalo kenaikan kelas gini bisa sampai 8 sampai 10 box perhari, selain jual buku disini ada alat tulis lengkap mulai dari pensil, polpen, penghapus, dan lain lain. jumlah pembelinya kalo untuk yang hari ini banyak mas ini soalnya kan sudah mau masuk, biasanya kalua mau masuk itu peningkatannya hampir sampai 100 persen, rata-rata yang nomer 1 ya buku tulis,” ungkap Alfiati, penjual perlengkapan sekolah.
 
Peningkatan penjualan ini diperkirakan akan mencapai puncaknya pada tanggal 14 juli 2024 mendatang.

 

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut