get app
inews
Aa Read Next : Berkah Perayaan Kemerdekaan, Jasa Persewaan Kostum di Tuban Laris Manis

Meski Musim Kemarau, Warga Desa Sambongrejo Tidak Lagi Sulit Air Bersih

Senin, 15 Juli 2024 | 09:17 WIB
header img
Kapolres Tuban AKBP Suryono dan jajaran saat melaksanakan Bhakti sosial pengeboran air bersih dalam rangka hari Bhayangkara ke 78 di Desa Sambongrejo Kecamatan Semanding, Kabupaten TUban.

TUBAN, iNewsTuban.id - Kekeringan dan sulit air bersih kini hanya akan menjadi ‘sejarah’ bagi warga Desa Sambongrejo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Itu setelah desa mereka mendapatkan bantuan air bersih dari Polres Tuban dalam momentum HUT Bhayangkara ke-78. 

 

Pengeboran sumur bor untuk pemenuhan air bersih dilakukan di Hutan Bulian Dukuh Sumur Gempol RT 04 RW 01 Petak 50 B1 Resor Pengelolaan Hutan (RPH) Sambongrejo. Nantinya air bersih tersebut akan dinikmati oleh sekitar 3200 warga, khususnya bgi warga Dusun Randubanjar yang dihuni sebanyak 48 KK. 

 

Setiap musim kemarau dan terjadi kekeringan, masyarakat harus rela berjalan kaki menuju dusun tetangga yang jaraknya hampir satu kilometer untuk mencari air bersih. Jika tidak ngangsu ke daerah lain, warga terpaksa harus membeli air bersih dari mobil tangki yang diambil dari Pemandian Bektiharjo. Sehingga saat terjadi kekeringan di desa ini, Polres Tuban tergugah untuk memberikan bantuan air bersih kepada masyarakat yang bermukim di dusun tersebut.

 


Kades Sambongrejo Sulasim (foto :Totok Martono)

Kepala Desa Sambongrejo Sulasim (55) menuturkan program pengeboran sumur ini merupakan inisiatif dari Polres Tuban. Dirinya selaku kepala desa mewakili warga Sambongrejo sangat berterimakasih dan merasa terbantu atas kepedulian yang ditunjukkan oleh Polres Tuban untuk memenuhi kebutuhan air bersih warganya.

 

“Kami mewakili pemdes Sambongrejo dan seluruh warga desa Sambongrejo, menyampaikan : Ucapan selamat HUT bhayangkara yg ke 78 semoga polri semakin merakyat ,dan tetap jaya selama lamanya. Selain itu, Kami menyampaikan ucapan terima kasih  tak terhingga kepada yang pertama jajaran perhutani yang mempersilahkan lahan ditengah hutan untuk kami bor untuk air minum warga desa Sambongrejo,” kata Sulasim. 

 

Lebih jauh Kades tiga periode ini juga menyampaikan. terima kasih  tak terhingga kepada Kapolres Tuban beserta seluruh jajaranya yg telah membantu pengeboran di lahan perhutani Bulian  demi untuk memenuhi kebutuhan air bersih seluruh warga desa Sambongrejo.

 


Kapolres Tuban AKBP Suryono dan jajaran saat melaksanakan Bhakti sosial pengeboran air bersih dalam rangka hari Bhayangkara ke 78 di Desa Sambongrejo Kecamatan Semanding, Kabupaten TUban.

”Kami berdo'a semoga kegiatan pengadaan air bersih ini dicatat oleh Allah sebagai amal jariyah yang pahalanya akan mengalir terus seperti mengalirnya air dari dalam sumur bor tadi.Semoga giat ini bermanfaat, dan maslahat bagi seluruh rakyat kami dunia hingga akherat. Amiiin,” kata Kades Sulasim penuh rasa syukur. 

 

Dikonfirmasi terpisah Camat Semanding Drh. R. Cipta Dwipriyata Mengucapkan terima kasih kepada  Kapolres Tuban dan jajaran, atas perkenannya melaksanakan Bhakti sosial pengeboran air bersih dalam rangka hari Bhayangkara ke 78 di Desa. Sambongrejo Kec. Semanding. Tentunya air bersih ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang selama ini masih sering kekurangan air bersih saat musim kemarau, hasil pengeboran ini akan ditindaklanjuti untuk dialirkan ke rumah tangga dengan anggaran APBDes dan diusulkan dari APBD Kabupaten Tuban.

 


Kades Sambongrejo Sulasim (foto :Totok Martono)

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut