get app
inews
Aa Read Next : Berkah Perayaan Kemerdekaan, Jasa Persewaan Kostum di Tuban Laris Manis

Goa Gembul, Goa Tersembunyi Tempat Musyawarah Para Wali se-Jagad, Ini yang Dikatakan Gus Dur

Selasa, 27 Agustus 2024 | 16:18 WIB
header img
Lokasi Goa Gembul, di Dusun Gembul, Desa Jadi, kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, yang merupakan tempat berkumpulnya para wali untuk musyawarah menentukan perjuangan syiar Islam di Nusantara, Konon Goa Gembul juga disinggahi para Wali se-jagad.

TUBAN, iNewsTuban.id – Jika kita berkunjung ke wilayah Kabupaten Tuban, Jawa Timur, banyak sekali kita temukan goa, karena Tuban memang dikenal sebagai Kota Seribu Goa. Hal itu karena kontur wilayah Tuban adalah perbukitan kapur, dan didalamnya banyak sekali ditemukan goa.

 

 

Salah satu goa bersejarah yang jarang diungkap adalah Goa Gembul. Goa Gembul berada di Dusun Gembul, Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Namun siapa sangka ternyata Goa Gembul merupakan goa bersejarah dan menyimpan banyak cerita sekaligus misteri.

 

Lokasinya yang tersembunyi embuat orang akan kesulitan menuju goa ini. Dari pusat kota Tuban, Goa Gembul dapat ditempuh sejauh 10 kilometer kea rah barat lalu keselatan kota, atau dapat ditempuh sekitar 30 menit, karena jalannya harus melewati perbukitan kapur dan naik turun bukit.

 

Beberapa meter sebelum sampai lokasi, pengunjung harus ekstra hati-hati karena jalan yang menurun tajam. Nah di bawah jalan menurun terjal itu ada sebuah Lembah yang di kelilingi oleh tebing terjal, dan hal itu yang membuat Goa Gembul ini sulit ditemukan karena lokasinya yang tersembunyi.

 

 

Seorang warga sekitar, Arif Syaifudin menceritakan, konon Goa Gembul adalah tempat musyawarah para wali se-jagad atau sedunia. Hal itu dikatakan Gus Dur, yang pada saat itu menjadi pembicara pada acara Haul Sunan Bonang beberapa tahun silam.

 

“cerita ini saya dengar langsung pas beliau Gus Dur pernah diundang pada waktu Haul Sunan Bonang, dan beliau menerangkan bahwa wali yang hadir disini itu wali sak jagad (sedunia: red),” ungkap Arif.

 

Arif mengatakan, Goa Gembul memang tersohor karena goa tersebut dikenal sebagai goa tempat berkumpulnya para wali se-dunia. Di lokasi Goa Gembul ada tangga kecil dan memiliki tiga tingkatan, dan di tingkatan ke-tiga atau terakhir, ada sebuah amben (tempat tidur: red) tempat musyawarah para wali.

 

 

Di tingkat ke-3 tersebut juga merupakan lokasi pertapaan para wali, yang memang lokasinya di lereng tebing terjal lalu ada tempat menjorok ke dalam tebing sehingga tak terlihat oleh siapapun yang melewati tempat itu.

 

“ini dinamakan pertapaan pak, pertapaan itu kalau istilah Jawanya napakan, pertapaan itu artinya  perkumpulan para aulia para wali, mungkin dari wali kutub mungkin dari wali-wali yang bertempat di Indonesia, khususnya Wali Songo ini pernah singgah disini,” imbuhnya.

 

Di Goa Gembul pula, para wali bermusyawarah untuk penentuan perjuangan syiar islam, termasuk musyawarah Wali Songo saat akan mendirikan Masjid Demak. Tlatah Gembul juga dikenal sebagai wilayah atau desa tertua di Tuban.

 

“ini memang desa tertua di Tuban, Gembul, Desa Jadi, Dusun Gembul, iya ini juga tempat musyawarah untuk penentuan perjuangan syiar Islam, dan juga penentuan Masjid Demak itu musyawarahnya juga disini,” kata arif.

 

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut