get app
inews
Aa Read Next : Bagaimanakah Cara Menghilangkan Bau Kaki di Sepatu, Mudah dan Ampuh?

Sensasi Wisata Petik Anggur, Gratis Mencicipi, Murah Meriah dan Menyenangkan

Minggu, 29 September 2024 | 10:12 WIB
header img
Kebun anggur 515 Farm di Desa Tuwirikulon, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban yang sedang viral dengan konsep wisata petik buah anggur, gratis mencicipi dilokasi.

TUBAN, iNewsTuban.id - Berwisata sambil petik anggur, bagi sebagian orang mungkin hal baru. Nah di Tuban, Jawa Timur, saat ini ada sarana kebun anggur yang sedang viral di serbu pengunjung. 

 

 

Selain untuk berwisata, anda juga untuk berburu segala jenis anggur yang jarang dijumpai di pasar buah, ini dia rasakan sensasi dan asyiknya berwisata sambil petik buah anggur.

 

Wilayah Kabupaten Tuban, Jawa Timur, merupakan daerah dengan kontur tanah berbatuan padas dan sangat sulit ditanami ketika musim kemarau. Namun seorang pria di Tuban, berhasil mengembangkan budidaya buah anggur, dengan berbagai cara dan perjuangannya.

 

Di lahan sekitar satu hektar di Desa Tuwirikulon, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban ini, Siswanto berhasil menanam segala jenis tanaman buah kebun, seperti jeruk, pisang cavendis, papaya, jambu air, alpukat dan anggur.

 

Saat ini, kebunnya sedang musim panen anggur. Berbekal promosi di media sosial, kebun bernama 515 Farm ini, langsung diserbu pengunjung dari berbagai daerah, seperti Tuban sendiri, Lamongan, hingga Bojonegoro.

 

 

Yang saat ini sedang viral di medsos adalah panen buah anggur. Anggur di kebun 515 Farm yang paling laris dan paling diminati pengunjung adalah anggur jari, karena anggur yang bentuk buahnya seperti jari ini, rasanya manis campur sepet mirip rasa buah juwet dan jarang dijumpai di toko-toko buah.

 

Begitu langsung masuk kebun, para pengunjung langsung disuguhi buah anggur siap panen bergelantungan di atas kepala. Para pengunjung langsung mengambil nampan untuk tempat buah anggur, lalu langsung memetik sendiri buah anggur.

 

Sensasi petik buah anggur ini tidak saja dinikmati orang dewasa, bahkan anak-anak pun juga menikmati suasana dan sensasi petik buah anggur di kebun milik Siswanto ini.

 

Selain bertujuan mencari buah anggur, para pengunjung juga sekaligus berwisata, yang jarang di jumpai di daerah lain, yaitu wisata petik buah anggur.

 

 

“ini petik anggur hijau sama anggur merah, ini lagi viral di media sosial, saya suka anggur, rela kesini jauh jauh, ini jenis anggur jari, bentuknya panjang panjang dan rasanya lebih manis, perkilonya lima puluh ribu, kayak punya rasa sensasi seneng, dan nanti untuk saya posting di medsos saya juga,” ujar Dyah Ayu, salah satu pengunjung.

 

Di kebun 515 Farm ada berbagai jenis buah anggur, seperti varietas anggur import dari jenis dekson, akademik, gresina, Jupiter, everest maupun julian yang bisa ditanam di semua daerah.

 

Jika anda memetik anggur dan mencicipi di tempat, anda tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun jika anda membawa pulang, perkilogramnya dikenakan harga Rp. 50.000 dan Rp. 70.000 tergantung jenis buah anggurnya.

 

“kalau disini sensasinya beda mas, tidak seperti di toko toko tinggal kasih uang dapat, kalau disini senasi petiknya yang luar biasa, rasanya ada yang manis ada sepet sepetnya, asyik banget pokoknya,” kata Zubas/ pengunjung dari Socorejo, Jenu.

 

 

Konsep wisata petik buah yang sangat murah meriah dan menyenangkan, karena untuk masuk ke kebun sambil petik buah dan mencicipi buah anggur secara gratis, dan pengunjung hanya di kenakan tarif saat membawa pulang buah anggur.

 

Para pengunjung mengaku sengaja memetik buah anggur di kebuh anggur ini karena sensasi berwisata yang berbeda, yakni memetik sendiri buah anggur dari pohonnya, dan rata-rata buah anggur tersebut untuk oleh-oleh buat keluarga.

 

“ini namanya 515 Farm, kita ini mimpinya punya tempat edukasi, ini berupa anggur, alpukat, ada mangga, ada jambu, ada jeruk dan beberapa pohon lainnya seperti pisang cavendis, untuk UMKM Pertanian, ini tiga bulan lagi merintis dan berbuah, rasanya ada yang manis, renyah, manis campur sepet,” ungkap Siswanto, pemilik 515 Farm.

 

 

kebun buah 515 ini rencananya juga akan dimanfaatkan untuk wisata edukasi, sebab di Tuban memang belum ada kebun berkonsep wisata yang dipadu dengan wisata edukasi.

 

Bagi anda yang ingin menikmati sensasi berwisata sambil memetik buah anggur, buruan anda ke kebun anggur ini, karena buah anggur masa panennya tiga bulan sekali.

 

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut