get app
inews
Aa Read Next : Peringati Harlah ke 59, DKC CBP KPP Tuban laksanakan Apel

Dandim 0811 Tuban Gandeng Pesilat Tanam Rumput, Kenapa?

Kamis, 24 Maret 2022 | 00:14 WIB
header img
Foto bersama peserta penanaman rumput vertiver atau akar wangi

TUBAN, INews.id –  Komandan Kodim 0811 Tuban, Letkol Inf Suhada Erwin, bersama Forkopimka Rengel, Koramil 0811/05 Rengel, Polsek Rengel, Kades Tambakrejo, Tagana, Perguruan PSHT, IKSPI, dan Masyarakat Desa Tambakrejo melaksanakan penanaman rumput vetiver di Bantaran Sungai Bengawan Solo Desa Tambakrejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, Rabu (23/3/2022).

Ternyata rumput vetiver atau juga sering disebut Akar wangi atau narwastu dan memiliki nama latin Chrysopogon zizanioides yang ditanam oleh sekitar 250 peserta ini memiliki banyak manfaat. Dikenal sebagai herbal suci karena memiliki sifat selain sebagai sumber wangi-wangian ternyata juga dapat menenangkan,  penyembuhan dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.


Dandim 0811 Tuban bersama Camat Rengel saat melakukan penanaman di bantaran sungai Bengawan Solo.

 

Setelah memimpin upacara sebelum kegiatan penanaman, Dandim 0811 Tuban Letkol Inf Suhada Erwin menghimbau kepada seluruh masyarakat. Untuk melestarikan lingkungan sekitar agar dapat meminimalisir bencana alam yang terjadi. Salah satunya dengan menanam rumput vetiver sebagai penahan tanah dari bencana longsor.

“Kepada seluruh masyarakat, mari kita lebih peduli kepada lingkungan. Vertiver yang kita tanam ini, hendaknya dirawat bersama-sama,” ujarnya.
 
Lalu Dandim menambahkan, penanaman ini dilaksanakan guna mencegah terjadinya bencana longsor di bantaran sungai Bengawan Solo. Akarnya berguna untuk mengikat dan menjaga kestabilan tanah agar kokoh dan kuat. Membuat jaring-jaring serabut bisa menembus tanah hingga kedalaman 6 meter.

“Dengan penanaman tersebut, diharapkan mampu menahan tanah. Sehingga, kita semua dapat terhindar dari bahaya bencana alam seperti tanah longsor, atau yang lainnya. Khususnya untuk beberpa Kecamatan yang di lalui aliran sungai Bengawan Solo,” pungkasnya.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Tuban di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut