get app
inews
Aa Text
Read Next : Kakemenag Jatim Serahkan Izin Operasional (IJOP) MI BAS International Islamic School Tuban

Akses Air Bersih Merata, Telkom Resmikan Sarana Air Bersih di Tuban untuk Ratusan Keluarga

Rabu, 04 Juni 2025 | 11:47 WIB
header img
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk meresmikan program Sarana Air Bersih (SAB) di Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Foto: Ist

TUBAN, iNewsTuban.id – Dalam upaya mewujudkan pemerataan akses sarana air bersih dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat, khususnya di daerah pesisir dan pedesaan, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk meresmikan program Sarana Air Bersih (SAB) di Kabupaten Tuban, Jawa Timur. 

Program ini merupakan bagian dari inisiatif Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Telkom untuk menyediakan akses air bersih bagi warga Desa Kepohagung, Kecamatan Plumpang, dan Desa Janten, Kecamatan Semanding, Tuban.

SAB ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan lebih dari 400 kepala keluarga yang selama bertahun-tahun harus bergantung pada air yang tidak layak konsumsi.

Melalui program ini, Telkom menyediakan fasilitas lengkap meliputi sumur, tampungan air, serta teknologi filtrasi dan purifikasi air. Solusi ini memungkinkan warga mendapatkan air minum layak secara efisien dan ramah lingkungan.

Peresmian ini dihadiri oleh Nugroho Adi Pracoyo (Manajer General Support Telkom Indonesia), Dono Samuri (Kepala Desa Kepohagung), Kasun Ngino Nurhadi (Perwakilan Perangkat Desa), serta tokoh masyarakat setempat.

Nugroho Adi Pracoyo menyampaikan terima kasih kepada BMM sebagai mitra strategis dan seluruh jajaran desa atas dukungan yang luar biasa. "Program ini merupakan wujud nyata tanggung jawab sosial dan lingkungan Telkom sebagai BUMN yang tidak hanya berorientasi pada keuntungan, tetapi juga memiliki komitmen kuat dalam membangun masyarakat Indonesia," ujar Nugroho dalam keterangan tertulis diterima pada Rabu 4 Juni 2025.

Ia menjelaskan, pemilihan program Sarana Air Bersih didasari oleh dampaknya yang langsung dirasakan masyarakat, mengingat air bersih adalah kebutuhan dasar. Sejak tahun 2023, Telkom telah membangun sumur di Ngino dan Kepohagung. "Tahun ini kami lanjutkan dengan bantuan purifikasi serta pembangunan perluasan bendungan untuk meningkatkan kapasitas tampungan," lanjut Nugroho.

Secara nasional, Telkom telah menyalurkan 232 bantuan SAB di seluruh Indonesia dari tahun 2022 hingga 2025, yang memberikan manfaat bagi hampir 80.000 jiwa.

Nugroho menegaskan bahwa program ini adalah bagian dari komitmen ESG (Environment, Social, and Governance) Telkom. "Kami berharap bantuan ini membawa berkah serta mendorong kehidupan yang lebih sehat. Mohon doa agar Telkom terus berkembang dan dapat memberikan kontribusi berkelanjutan bagi masyarakat," tutupnya.

Apresiasi tinggi datang dari Kepala Desa Kepohagung, Dono Samuri, atas komitmen Telkom dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Tuban. Beliau menyatakan bahwa kehadiran SAB Telkom menjadi solusi nyata terhadap masalah kekurangan air bersih, terutama saat musim kemarau.

"Semoga kegiatan ini menjadi ibadah bagi kita semua dan mendapatkan Ridho dari Allah dan diberikan kelancaran untuk PT Telkom Indonesia, BMM, dan semua pihak yang terlibat kegiatan pemberian Bantuan SAB (Sarana Air Bersih). Semoga bantuan ini dapat memberikan banyak manfaat kepada warga secara Desa secara keseluruhan," harap Dono Samuri.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut