get app
inews
Aa Read Next : Peringati Harlah ke 59, DKC CBP KPP Tuban laksanakan Apel

Sambut Ramadhan, Puluhan Komunitas Gelar Bersih Pantai Pantura Kabupaten Tuban

Senin, 28 Maret 2022 | 19:05 WIB
header img
Sinergitas antara komunitas, Satlantas, DLH dan BPBD Kabupaten Tuban.

TUBAN, INews id- Pantai di Sepanjang jalan Pantura Kabupaten Tuban yang dipenuhi sampah yang berserakan membuat pemandangan yang tak sedap dilihat karena merupakan jalan lintas dari arah Jawa Tengah menuju Jawa Timur. Selain itu juga kerap mengganggu nelayan karena banyak sampah yang tersangkut di jaring dan juga dapat menimbulkan wabah penyakit.

Menyikapi hal tersebut puluhan komunitas yang tergabung di Forum Samudera Ronggolawe memiliki inisiatif dan kepekaan terhadap kondisi lingkungan disekitar lokasi pantai Pantura di desa Sugihwaras, Kabupaten Tuban ini patut diacungi jempol. Dengan bahu-membahu membersihkan pesisir pantai yang tampak jorok akibat tumpukkan sampah yang bertebaran dimana-mana, Minggu (27/3/2022) pagi.


Kegiatan bersih pantai di sebelah barat patung Garuda.

 

Anggota lintas komunitas yang terlibat diantaranya adalah Penggiat Tuban, Komunitas Tuban Peduli (KTP), Forum Biker Tuban (FBT), Baderhood, Bort Brionesia Tuban, Barisan Nom Noman (BNN), Fals Mania (FAMA) Ronggolawe, GCC, Multi, Pammi, Cethik Geni, Pusat Snack Kiloan (PSK), Brother, Petualang Orang Tua Gila Scooter (Portugis) Jatim, disupport oleh Karsa coffe dan Suli 5. Bekerjasama dengan Satlantas Polres Tuban, Dinas Lingkungan Hidup serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tuban.

Disela kegiatan, Duta Gemar Makan Ikan (Gemari) Kabupaten Tuban Nabila Fairus Sifa mengatakan, kegiatan yang bertajuk Sunmori Beach Clean Up ini adalah gabungan dari puluhan komunitas di Kabupaten Tuban untuk bersih-bersih pantai di sekitar pesisir pantura.

"Ini untuk menggugah masyarakat Indonesia dan khususnya warga Tuban untuk lebih sadar lingkungan," ucapnya.

Lalu Lala panggilan akrabnya menambahkan, kegiatan ini sekaligus untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Agar tidak hanya membersihkan hati dan jiwa saja, namun juga lingkungan di sekitar kita. Agar menjadi lebih bersih dan indah. Terutama mencegah agar biota laut yang sekarang sudah mulai tercemar mikro plastik tidak semakin parah.

"Kami berharap kepada seluruh masyarakat agar lebih mencintai lingkungan, apalagi sampah bukan warisan buat anak cucu kita," sebut Lala.

Ditempat yang sama, KBO Satlantas Polres Tuban, IPTU Sampir Santoso menjelaskan, kegiatan bakti sosial membersihkan pantai di depan rest area yang dilaksanakan oleh lintas komunitas ini melibatkan Satlantas Polres Tuban.

"Harapannya kegiatan ini menjadi contoh bagi masyarakat bahwa betapa pentingnya kebersihan lingkungan," tegasnya.

Lebih lanjut IPTU Sampir mengungkapkan, kegiatan bersih pantai tersebut melibatkan 50 orang personil Lantas dan lebih dari 60 orang dari berbagai komunitas di Kabupaten Tuban.

"Tujuan kegiatan ini, selain memotivasi diri sendiri bahwa kebersihan merupakan sebuah kebutuhan. Juga memberikan contoh kepada masyarakat mulai dari lingkungan terkecil seperti RT hingga seterusnya," tutupnya.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Tuban di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut