get app
inews
Aa Read Next : Peringati Harlah ke 59, DKC CBP KPP Tuban laksanakan Apel

Gubernur Jatim Khofifah Akan Terus Dorong Pertumbuhan UMKM

Selasa, 29 Maret 2022 | 15:54 WIB
header img
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat melakukan pemotongan pita di Cafe dan Resto Raka Roja Tuban.

TUBAN, INews.id -  Gubernur Jatim Kofifah Indar Parawansa kembali mengunjungi Kabupaten Tuban saat meresmikan Cafe dan Resto Raka Roja di jalan Hayam Wuruk No.99 Kelurahan Gedungombo, Kecamatan Semanding Tuban, Senin (28/3/2022).

Pada kesempatan tersebut, Ibu Gubernur mengatakan, dalam rangka meresmikan cafe dan resto Raka Roja tersebut, menjadi hal yang harus terus didorong agar Usaha Mikro Kelas Menengah (UMKM) agar terus berkembang.


Gubernur Jatim saat memberikan sambutan.

 

"Kita bisa bayangkan, pasti akan ada tenaga kerja yang terekrut. Jejaring makanan dan minuman yang akan mendapatkan market baru," sebutnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, hal ini sejalan dengan dengan arahan Presiden Indonesia. Yang menargetkan membelanjakan dana  APBN dan APBD sebanyak 400 triliun Rupiah untuk produk dalam negeri terutama UMKM. "Dari total 400 triliun tersebut, untuk Provinsi, Kabupaten dan Kota ditargetkan membelanjakan sebanyak 200 triliun," ungkapnya.

Kemudian mantan Menteri Sosial ini manambahkan, untuk Provinsi, Kabupaten dan Kota di Jawa Timur sendiri mendapat tatrget sebanyak 26,8 triliun Rupiah. Dengan estimasi kalau seluruh Jatim membelanjakan untuk produk dalam negri, akan dapat menambah pertumbuhan ekonomi sebanyak 0,8 persen. "Kalau total secara Nasional, pertumbuhan ekonomi akan meningkat sebanyak 1,5 hingga 1,7 persen," ungkapnya.

Pertumbuhan ekonomi ini antara lain, karena kalau UMKM terus mendapatkan kesempatan pada Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) di Kabupaten, Kota dan Provinsi maka akan ada potensi perekrutan tenaga kerja. "Potensi pengembangan produk-produk yang lain dan akhirnya sektor riil akan bergerak lebih masiv," tutupnya

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Tuban di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut