Logo Network
Network

RSUD Karangkembang Jadi Rujuk Lanjutan Pasien BPJS Warga Lamongan Barat

Atmo
.
Minggu, 10 April 2022 | 16:30 WIB
RSUD Karangkembang Jadi Rujuk Lanjutan Pasien BPJS Warga Lamongan Barat
Proses penandatanganan perjanjian kerjasama

LAMONGAN , iNews.id - RSUD Karangkembang Lamongan melakukan penandatanganan kerjasama dengan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) kesehatan Cabang Gresik, di Ruang Kerja Bupati Gedung Sekretariat Daerah Kabupaten Lamongan. 

Perjanjian kerjasama tersebut mulai berlaku sejak taBPJSnggal 1 April 2022. Setelah ditandatangani oleh RSUD Karangkembang bersama BPJS Kesehatan Cabang Gresik. Berisi tentang pelayanan kesehatan rujukan tingkat lanjutan bagi peserta program jaminan kesehatan. Perjanjian juga dimaksudkan sebagai kerjasama yang setara dalam pelayanan kesehatan rujukan tingkat lanjutan peserta BPJS. 

Menurut Bupati Lamongan Yuhronur Efendi yang akrap disapa  Pak Yes saat menghadir penandatanganan kerjasama tersebut mengatakan, ini adalah momen yang baik untuk RSUD Karangkembang dalam peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Lamongan. ia juga meminta untuk segera disosialisasikan terkait keberadaan rujukan lanjutan di RSUD Karangkembang Lamongan.

“Agar setelah penandatanganan kerjasama ini segera ditindaklanjuti. Selain itu juga dari segi operasional, sarana prasarana, dan infrastruktur juga diperbaiki. Dengan demikian hak atas derajat pelayanan kesehatan yang optimal di Lamongan dapat diterima oleh masyarakat,” terang  Pak Yes dikutip iNews Lamongan, Selasa (5/4/2022).

Dalam kesempatan tersebut Kepala BPJS Kesehatan cabang Gresik Tutus Novita Dewi mengungkapkan, lebih kurang 15 unit penyedia fasilitas kesehatan di Kabupaten Lamongan telah melakukan kerjasama denga BPJS Kesehatan.

"Ini guna mewujudkan harapan Universal Health Coverage (UHC) di Kabupaten Lamongan," ujarnya.

Lalu Tutus Novita Dewi mengharapkan, akan ada tindak lanjut dari Pemerintah Kabupaten Lamongan atas adanya Inpres (Intruksi Presiden) Nomor 1 Tahun 2022. Serta memastikan seluruh penduduk Lamongan memiliki jaminan kesehatan, guna memberikan rasa aman pada masyarakat.

Plt. Direktur RSUD Karangkembang, dr. Maya Dewi Hanggraningrum mengatakan, dengan ditandatanganinya kerjasama ini akan menjadi sarana komunikasi dan kolaborasi dalam menuju Lamongan sehat dan sejahtera. 

“Harapannya dengan kerjasama ini RSUD Karangkembang bisa memaksimalkan fasilitas sarana dan prasarana yang ada, sehingga 2023 tidak stagnan melainkan memberikan fasilitas dan layanan kesehatan yang lebih unggul,” ucapnya.

Ia menambahkan, beberapa hal yang tengah direncanakan sebagai target RSUD Karangkembang di tahun 2022 adalah layanan rujukan lanjutan BPJS, terselesaikannya perijinan Bapeten, pemenuhan alat ventilator (ICU), pengalihan kepesertaan mandiri dan PBI kedalam segmen PPU, juga mempersiapkan BLUD dan akreditasi 2023. 

"Adapun target yang sudah terlaksana hingga saat ini adalah adanya layanan rujukan lanjutan BPJS di RSUD Karangkembang," tutupnya.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Tuban di Google News

Bagikan Artikel Ini