get app
inews
Aa Read Next : Harga Telur Ayam di Tuban Merangkak Naik Hingga Tembus Rp 29.000, Harga Gula Pasir Turun

Ita Hariyanti, Srikandi Kolektor Dan Tukang Jamas Keris 

Sabtu, 14 Mei 2022 | 23:36 WIB
header img
Iya Haryanti saat melakukan prosesi jamasan keris

TUBAN, iNews.id - Puluhan jenis keris terpajang ditembok ruwang tamu dengan bentuk minimalis. Disudut ruangan juga dihiasi berbagai jenis tosan aji yang ditata berderet ditempat khusus terbuat dari kayu. selain keris juga terlihat tombak dan berbagai jenis perkakas kuno seperti bethok, jodhang, pipisan (gilingan jamu) dan lainnya. Semua barang tersebut merupakan koleksi Ita Hariyanti, penggemar dan kolektor keris

“Ruangan ini memang gallery untuk menyimpan keris dan berbagai benda pusaka lainnya,” kata Ita yang bertempat tinggal di Desa sambonggede, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, kepada iNews.id, Sabtu (14/5/2022).

Memperbincangkan keris, bagi perempuan kelahiran 17 Mei 1977 ini bukan barang yang aneh lagi. Sejak masih bocah dirinya sudah akrab dengan pusaka warisan leluhur itu karena Bapaknya Suyitno mempunyai hobi mengoleksi keris. namun demikian kala itu dirinya belum terpikat dengan keris. dirinya justru lebih menyibukkan diri dengan kegiatan menari yang sudah ditekuni sejak masih SD. Rasa terpikatnya pada keris tumbuh setelah bapaknya yang juga mantan kades Sambonggede (1979-1998) dipanggil Yang Maha Kuasa. Batinnya seperti terpanggil untuk merawat dan melestarikan barang warisan orang tuanya itu. 


Ita Haryanti melakukan dengan ketulusan hati, tumbuh dari niatan luhur melestarikan budaya nusantara (Foto : Ist)

Karena sejak kecil sudah terbiasa menemani sang bapak merawat keris, Ita mengaku tidak canggung lagi ketika mulai mengakrabi keris warisan tersebut.

 “Keris itu memiliki keunggulan luar biasa yang tidak diketemukan pada jenis senjata lainnya, dari bahan baku, cara membuat dan eksotis pada keris. belum lagi jika membahas tentang yoni yang terdapat dalam keris,” ujar wanita bertubuh jangkung langsing ini. 

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Tuban di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut