Sempat Molor, Kepulangan 593 Jamaah Haji Kabupaten Tuban Disambut Penuh Haru

Royvi Novriansyah
Tangis haru mewarnai penjemputan jemaah haji asal Kabupaten Tuban. Foto : Istimewa.

TUBAN, iNews.id - Walau waktu kedatangan jamaah haji asal Kabupaten Tuban yang sempat molor hingga 5 jam lebih dari estimasi tiba di Tuban pukul 11.00 WIB. Sebanyak 593 jamaah haji asal Kabupaten Tuban kloter pertama dan ke dua telah tiba di Kompi Senapan C Tuban, Minggu (17/7/2022).

Kepala Seksi Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh Kemenag Tuban Ashabul Yamin menjelaskan, kloter pertama yang terdiri dari 448 jamaah haji tiba pukul 15.10 WIB dengan menaiki 10 armada bus yang datang beriringan. Keterlambatan tersebut terjadi karena adanya pemeriksaan kesehatan yang harus dilakukan di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya. 

“Landing di Bandara Juanda pukul 05.15 WIB, sampai di Asrama Haji Sukolilo langsung cek kesehatan, dan itu memakan waktu cukup lama,” tuturnya

Yamin mengatakan, dengan pengetatan pemeriksaan kesehatan tersebut, diharapkan kesehatan jamaah haji dapat terpantau. Selain itu juga sebagai upaya dari Pemerintah Provinsi dalam mencegah masuknya varian baru Covid-19 ke tanah air.

"Usai dilakukan pemeriksaan, ditemukan 4 jamaah haji reaktif tanpa gejala, dan satu jamah haji dalam keadaan sakit karena dehidrasi," terangnya.

Ia melanjutkan,usai landing jamaah haji yang sakit tersebut langsung dilarikan ke rumah sakit haji untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Untuk jamaah haji yang dinyatakan reaktif tanpa gejala, langsung ditindaklanjuti oleh pemprov dengan mengirim secara terpisah jamaah haji ke rumah masing-masing. 

Editor : Prayudianto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network