Baznas Salurkan Gerobak 

Pipit Wibawanto
baznas menyalurkan gerobak dan memberikan pelatihan

Sementara itu, Wakil Ketua Baznas Jatim, KH. Ahsanul Haq menyatakan, program ini sudah direncanakan sejak lama. Namun, adanya pandemi covid-19 sehingga baru bisa dilaksanakan sekarang. Tentu, program ini digulirkan oleh Baznas Pusat ke wilayah-wilayah utamanya Jawa Timur. 

"Adapun alokasi bantuan dari Baznas Pusat di Jatim sebanyak 250 gerobak Z-Chicken ditambah dari Baznas Jatim 50 gerobak yang semuanya dialokasikan di 10 kota dan kabupaten di Jatim," ujar Kiyai Ahsanul Haq yang juga salah satu Ketua MUI Jatim.

Ia menambahkan, di wilayah Jatim baru pertama kali di Kabupaten Tuban melaksanakan program Z-Chiken. Selain program ini, Baznas Jatim sendiri juga punya program bedah rumah, Satu Rumah Satu Sarjana (SKSS), hewan ternak, beasiswa SMP dan SMA serta beberapa program lainnya.

"Melalui program SKSS ini Baznas Jatim berharap bisa mengurangi angka kemiskinan di Jawa Timur," tuturnya.

Ditempat yang sama, Sekda Tuban, Budi Wiyana memberikan, apresiasi kepada Baznas yang sudah peduli pada masyarakat Tuban. Pastinya program ini telah berkaitan dengan pemberdayaan ekonomi. Sebab, penerima program Z-Chicken akan dilatih mulai dari pengolahan, menjual hingga manajemennya akan dibimbing dan didampingi. 

"Diharapkan, setelah mereka dilatih hingga bisa, langsung praktik berjualan sesuai dengan wilayah masing-masing," terang Sekda Budi.

Ia berharap, perputaran penjualan bisa kembali ke Baznas dan dikembangkan untuk mustahik lainnya. Sebab, Pemkab Tuban tidak ingin seperti yang dulu. Masyarakat sudah diberi bantuan namun hilang tidak jelas kemana.

"Kita ajak Diskopumdag ini dalam rangka mengawal pendampingan, pengawasan dan perizinannya, sehingga ke depan jika ada permasalahan segera ada solusi," tegas mantan Kepala Bappeda Tuban ini.

Diketahui, kegiatan ini adalah pelatihan sekaligus penyerahan bantuan dari Baznas yang dilaksanakan Baznas Kabupaten Tuban kerjasama dengan Baznas Jatim. Di Kabupaten Tuban sendiri menerima 25 bantuan dan 5 dari Bojonegoro.

Selanjutnya, 25 mustahik dari Kabupaten Tuban berasal dari Kecamatan Tuban, Palang, Semanding, Merakurak dan Jenu. Dengan bantuan gerobak Z-Chicken dan peralatannya, jika diuangkan mencapai angka masing-masing Rp 9 juta.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua Baznas Jatim, Sekda Tuban, Kepala Dinsos P3A PMD Tuban, Kepala Diskopumdag Tuban, Camat Tuban dan pengurus Baznas Tuban.

Editor : Prayudianto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network