Tingkatkan Kewaspadaan Masyarakat, Fuel Terminal Tuban Wujudkan Desa Tangguh Bencana

Pipiet Wibawanto
Kepala Pelaksana BPBD Tuban Sudarmaji, didampingi Fuel Terminal Manager Tuban Adriansyah, dan Kepala Desa Remen Rusdiono saat membuka pelatihan Forum Pengurangan Risiko Bencana di Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

Pelatihan yang diberikan berupa pengorganisasian Destana, asesmen risiko bencana, pembuatan peta dan jalur evakuasi, komunikasi bencana, serta simulasi ketika terjadinya bencana. Menurutnya, pembentukan Destana ini sudah menjadi stimulus bagi warga untuk lebih sadar terhadap potensi bencana yang ada di wilayahnya dan mendorong desa untuk lebih tangguh lagi dalam mitigasi maupun kesiapsiagaan bencana. 

 

“Forum Pengurangan Risiko Bencana tingkat desa ini harus dikukuhkan dan setiap Desa yang telah dibentuk menjadi Destana. Agar masyarakat lebih tanggap dan paham apa yang harus dilakukan apabila ada bencana di sekitar pemukimannya. masyarakat juga akan dibekali dan dibuatkan dokumen rencana kontijensi agar dapat memperkirakan kejadian bencana, sehingga dapat mencegah bencana, mengurangi dampak, menanggapi secara efektif dan memulihkan diri dari dampak bencana tersebut,” ujarnya. 

 

Adapun pada kegiatan tersebut disisipkan pemberian inventaris alat kebencanaan untuk desa Remen berupa APAR, tandu darurat, tas siaga bencana yang berisi peralatan kebencanaan, dan kotak P3K.

 



Editor : Prayudianto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network