Tingkatkan Kewaspadaan Masyarakat, Fuel Terminal Tuban Wujudkan Desa Tangguh Bencana

Pipiet Wibawanto
Kepala Pelaksana BPBD Tuban Sudarmaji, didampingi Fuel Terminal Manager Tuban Adriansyah, dan Kepala Desa Remen Rusdiono saat membuka pelatihan Forum Pengurangan Risiko Bencana di Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

TUBAN, iNewsTuban.id - Upaya untuk meningkatkan kewaspadaan bencana di pemukiman yang berdekatan dengan operasional perusahaan, PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus melalui Fuel Terminal (FT) Tuban bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban membentuk Desa Tangguh Bencana (Destana) dan melaksanakan pelatihan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) di Desa Remen, kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Kegiatan ini dilaksanakan selama 5 hari berturut-turut sampai dengan 22 Juli 2024.

 

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan kesiapsiagaan kepada masyarakat atas kerentanan bencana yang ada. Kegiatan tersebut diikuti oleh segenap unsur masyarakat Desa Remen meliputi pemerintah desa, LPMD, BPD, Linmas, PKK, karang taruna, kader posyandu, serta Babinsa dan Bhabinkamtibmas. 

 

Program Destana merupakan program yang dicanangkan pemerintah dalam upaya mitigasi dan kesiapsiagaan bencana. Program ini dilakukan oleh desa yang memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisir sumber daya masyarakat untuk mengurangi kerentanan dan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana di wilayahnya. 

 

Desa Remen, Kecamatan Jenu yang di kelilingi oleh operasional Perusahaan minyak dan gas merupakan sebuah desa pesisir yang memiliki kerentanan cukup tinggi terhadap bencana terutama bencana alam yang disebabkan oleh faktor iklim seperti kekeringan, kebakaran lahan, angin puting beliung. 

 



Editor : Prayudianto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network