Masa Muda Pendiri Kerajaan Singasari Ken Arok, Pernah Jadi Begal dan Perkosa Gadis

Avirista Midaada
Patung Ken Arok, pendiri kerajaan Singasari. (istimewa).

MALANG, iNewsTuban.id - Sebelum menjadi raja, kehidupan Ken Arok di masa mudanya pernah menjadi penjahat paling ditakuti di masanya hingga memerkosa seorang gadis. Ken Arok merupakan pendiri Kerajaan Singasari yang dahulunya bernama Tumapel

 

Dalam kisah yang ada di Kitab Pararaton, Ken Arok bersama rekannya mendirikan sebuah pondok di Tegal Desa Senja, di sebelah timur Desa Sagenggeng. Di sana Ken Arok bersama rekannya menjadi penyamun dan membegal orang-orang yang melewati jalan.

 

Diperkirakan wilayah Sagenggeng saat ini masuk Dusun Segenggeng, Desa Wonokerso, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang. Adapun Sanja yang berada di sebelah timurnya saat ini menjadi Dusun Pesanggrahan, yang berada di bagian utara Desa Wandanpuro, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang. 

 

"Dasar pertimbangannya ialah lokasi Dusun Pesanggrahan tepat berada di sebelah timur Dusun Segenggeng," dikutip dari buku Pararaton: Biografi Para Raja Singhasari dan Majapahit.

 

Kedua, Sanja jika diberi imbuhan pa-an, akan menjadi Pasanjan yang memiliki makna mirip dengan Pasanggrahan yaitu 'tempat singgah'. Selain itu, lokasi Dusun Pesanggrahan di Desa Wandanpuro juga strategis untuk melakukan pengadangan karena berada di jalur Tumapel menuju Turyantapada sekarang Kecamatan Turen.

 


Patung Ken Arok, pendiri kerajaan Singasari. (istimewa).


Editor : Prayudianto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network