Terlambat Ditangani, Puluhan Sapi Dalam Satu Kandang Di Kabupaten Tuban Terjangkit PMK

Denny Fahrian
Beberapa sapi yang terkena PMK tidak mampu berdiri karena kukunya melepuh. (Foto : iNews)

TUBAN, INews.id - Sebanyak 31 ekor sapi yang berada dalam satu kandang di peternakan Muda Kreasi Ternak milik Muhdi Anshori Desa Pucangan, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, Jawa Timur terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Akibatnya, pemilik peternakan terpaksa menjual beberapa ekor sapi, bahkan ada yang harus disembelih meskipun merugi.

Muhdi Anshori mengatakan, awalnya hanya satu ekor yang terdiagnosa, semenjak satu minggu kemarin. Beberapa sapi miliknya, mengeluarkan cairan dari hidung dan mulut secara berlebihan, serta kaki sapi yang melepuh. namun karena lambatnya penanganan dari petugas terkait, membuat sapi lainnya ikut terjangkit PMK

“Pertama dari hidung dan mulut sapi mengeluarkan cairan sama yang berlebih, terus diikuti kakinya melepuh, lalu kukunya mau copot," kata Muhdi.

Selanjutnya Muhdi melaporkan kejadian tersebut kepada dokter hewan setempat, namun tidak ada tindak lanjut. Dan hanya disarankan untuk memberikan formalin pada luka di tubuh sapi. Sementara formalin kini semakin sulit didapat, dan petugas juga tidak kunjung datang.

 “Cuma dikasih saran pengobatan, kakinya disuruh ngasih formalin," ujarnya.

Ia melanjutkan, saat ini jumlah sapi yang awalnya 31 ekor, saat ini berkurang menjadi 25 ekor. Ia terpaksa memotong 2 ekor dan menjual 6 ekor sapi miliknya meskipun mengalami kerugian mencapai 60 persen dari harga pembelian.

Editor : Prayudianto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network