get app
inews
Aa Read Next : SIG dan Pemkab Gresik Teken Kerja Sama Pemanfaatan Bahan Bakar Alternatif dari Sampah

Teliti Sebelum Membeli, Banyak Kambing di Kabupaten Tuban Makan Sampah Rumah Tangga

Sabtu, 18 Juni 2022 | 16:23 WIB
header img
Kambing-kambing di TPA memakan sampah plastik. (Foto : iNews)

TUBAN, iNews.id - Menjelang perayaan hari raya Idul Adha, kebutuhan hewan ternak khususnya kambing tentu akan meningkat. Namun sebaiknya lebih berhati-hati dan teliti sebelum membeli hewan tersebut. Sebab di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah di Kelurahan Kedungombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur setiap harinya diserbu oleh ratusan ekor kambing.


Kambing-kambing mencari makanan diatas tumpukan sampah. (Foto : iNews)

Hewan mamalia ini sengaja dilepas liarkan oleh pemiliknya guna mengirit pengeluaran, untuk mencari makan sendiri, diantaranya pada tumpukan sampah rumah tangga. Akibatnya kambing-kambing ini rawan terserang penyakit pada organ dalam tubuhnya. Karena mereka melahap berbagai sampah baik organik maupun non organik. Bahkan sampah plastik juga ikut dimakan. Hal ini dapat berdampak buruk buat kesehatan manusia yang mengkonsumsi dagingnya.

Menurut salah satu pemulung yang berada di lokasi TPA, Kayat mengatakan, kambing-kambing itu setiap hari berada di TPA. Memakai limbah dan sampah bekas rumah tangga. Sabtu (18/6/2022).

"Kambingnya yaa milik warga sekitar, gimana lagi cari makannya disini. Dulu nggak boleh masuk sekarang boleh," tutupnya.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Tuban di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut