get app
inews
Aa Read Next : Pelaku Sempat Bunuh Diri Setelah Bunuh Istrinya, Pelaku Sakit Hati Sering Dikecewakan

500 Pemanah Ramaikan Gladhen Ageng Jemparingan di Kabupaten Klaten

Senin, 25 Juli 2022 | 11:11 WIB
header img
Peserta jemparingan tengah membidik bandul dalam Gladen Ageng Jemparingan di Klaten, Minggu (24/7/2022). Foto : iNews.id. Saeful Efendi.

KLATEN, iNewsTuban.id – Sekitar 500 pemanah dari  20 kota di Pulau Jawa, Madura dan Bali mengikuti Gladhen Ageng Jemparingan yang digelar di Lapangan Kalibajing, Desa Pakahan, Kecamatan Jogonalan, Minggu (24/7/2022). Ini merupakan rangkaian kegiatan menyambut HUT ke-218 Kabupaten Klaten.

Ketua panitia Gladen Ageng Jemparingan, Agung Kritantana mengatakan, antusias peserta dalam kegiatan ini cukup tinggi. Setidaknya ada 500 peserta dari 20 kota di Pulau Jawa, Bali dan Madura yang ikut ambil bagian. 

“Lomba Jemparingan (panahan tradisional) ini digelar dengan gaya mataraman atau memanah bandulan (sasaran) dengan posisi duduk bersila,” katanya. 

Event ini menjadi yang terbesar setelah pandemi Covid-19. Peserta juga wajib mengenakan pakaian adat dari daerahnya masing-masing. Seperti dari Pulau Jawa mengenakan surjan, blangkon dan kain jarik. Begitu juga peserta dari Bali juga memakai udeng. 

Aturan ini juga berlaku untuk peserta perempuan, yang mengenakan kebaya atau kemben. Jika ada peserta yang tidak memakai pakaian tradisional maka didiskualifikasi dan tidak lolos. 

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Tuban di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut