get app
inews
Aa Read Next : Peringati Harlah ke 59, DKC CBP KPP Tuban laksanakan Apel

Demo Ricuh, Buntut 33 Pekerja di PHK

Senin, 15 Agustus 2022 | 18:40 WIB
header img
Unjukrasa ribuan buruh menolak PHK massal di PT IKSG Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Foto : iNews.id. Pipit Wibawanto.

TUBAN, iNewsTuban.id - Unjukrasa ribuan buruh menolak PHK massal di PT IKSG Kabupaten Tuban, Jawa Timur, senin siang diwarnai kericuhan. Massa yang emosi tidak mendapat tanggapan pihak perusahaan, merangsek masuk pagar besi. Akibatnya sempat terjadi saling dorong antara massa dengan aparat keamanan.

Kericuhan tersebut terjadi dalam aksi unjukrasa buruh di kantor PT IKSG di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban (15/08). Lebih dari seribu massa yang emosi menerobos masuk gerbang besi pabrik secara paksa, untuk menemui manajemen perusahaan. Akibatnya, massa terlibat saling dorong dengan aparat keamanan yang mencoba menghalau pergerakan massa.


Massa yang emosi tidak mendapat tanggapan pihak perusahaan, merangsek masuk pagar besi. Foto : iNews.id. Pipit Wibawanto

Dua buruh yang menerobos masuk kawasan pabrik sempat diamankan petugas kepolisian. Namun kedua pria tersebut akhirnya dilepaskan kembali, untuk menghindari situasi semakin memanas. Berkat kesigapan aparat TNI-Polri, massa berhasil didorong mundur keluar pagar.
 
Emosi buruh mereda setelah perwakilan perusahaan bersedia keluar menemui mereka. Kesempatan tersebut dimanfaatkan buruh, untuk menyampaikan tuntutan menolak PHK terhadap 33 rekan mereka yang bekerja di PT IKSG. Selain tidak memenuhi syarat di PHK, para perkerja juga telah mengabdi cukup lama, antara 7 hingga 24 tahun bekerja.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Tuban di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut