get app
inews
Aa Read Next : Pasca Pemilu, Harga Beras dan Daging Naik

Sullamul Hadi : Disetiap Pemilu, Pasti Muncul Opini Bahwa Selalu ada Money Politik

Jum'at, 10 Maret 2023 | 21:40 WIB
header img
Ketua Bawaslu Tuban Sullamul Hadi saat menjadi narasumber di Podcast Cethik Geni

TUBAN, iNewsTuban.id – Jikalau mau melihat Pemilu bisa diilustrasikan seperti kita melihat diri kita sendiri. Jika ada yang merasa sakit, maka harus segera diobati. Satu contoh disetiap Pemilu, pasti muncul opini bahwa selalu ada money politik. Jika hal itu dirasa sebagai bentuk pelanggaran, maka seharusnya sebagai warga negara yang baik, kita harus melaporkan dan merasa bahwa hal tersebut melanggar baik norma hukum maupun moral.

 

Hal itu menunjukkan bahwa sistem Pemilu kita sedang sakit, maka dengan kesadaran kita harus membenahi moral kita agar menolak sistem money politik yang sudah jamak terjadi. Money tidak akan hilang, jika masyarakatnya justru malah menganggap money politik itu adalah bentuk pesta demokrasi.

 

Oleh karena itu, tidak hanya peran masyarakat saja untuk memerangi money politik, namun juga membutuhkan peran stake holder untuk memerangi money politik, terutama calon pemimpin. Bawaslu sebagai  lembaga pengawas berperan aktif untuk mengantisipasi adanya kecurangan-kecurangan dalam sistem Pemilu, seperti halnya money politik.

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut