get app
inews
Aa Read Next : Pencurian Sapi di Tuban Semakin Marak

Sapi di Tuban Terjangkit Penyakit Menular LSD, Peternak Berikan Jamu Tradisional

Kamis, 16 Maret 2023 | 08:11 WIB
header img
Sapi milik warga yang terkena Lumpy Skin Desease dengan kulitnya mengalami bentol bentol.

“sapi ini sedang terjangkit penyakit LSD yang saat ini sedang menyerang sapi di seluruh Indonesia, yang katanya menyebarnya di daerah Jawa Tengah, kemarin sudah sempat dipanggikan dokter hewan dan disuntik serta cara penanggulanganya,” ujar Ari, pemilik sapi.

 

Awal sakit, sapi milik warga ini terdapat gejala awal yaitu suhu tubuh sapi panas dan mengalami pembengkakan di kaki, lalu kulitnya timbul bentol-bentol dan keluar air dari mulut dan mata sapi. Peternak mengaku sudah memanggil dokter hewan, namun kondisi sapi belum membaik, akhirnya peternak berinisiatif memberikannya jamu tradisional.

 

“gejala awalnya suhu tubuh sapi panas dan mengalami pembengkakan di kaki, dan kulitnya timbul bentol-bentol, dan keluar air dari mulut dan mata, sudah dipanggilkan dokter hewan, untuk memperkuat imunitas sapi juga saya kasih obat racikan herbal itu dari madu, temu ireng, kunyit, dan  kelapa muda,” imbuhnya.

 

Para peternak berharap agar pemerintah setempat segera memberikan solusi terhadap permasalahan yang dialaminya saat ini.

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut