get app
inews
Aa Read Next : Viral Hina Nabi Muhamad di Media Sosial, Seorang Sopir Truk Diamankan Polisi

Pengurus Masjid Jami' Baiturrohman Dusun Sundulan Menyelenggarakan Peringatan Nuzulul Qur'an

Jum'at, 14 April 2023 | 15:30 WIB
header img
Mauidhoh hasanah oleh KH. Agus Abdullah Rubaidi Al Hafizh di Masjid Jami' Baiturrahman dusun sundulan. Foto : Yudianto

TUBAN, iNews.id – Pengurus Masjid Jami’ Baiturrohman  Dusun Sundulan Desa Sumberagung Kecamatan Plumpang menyelenggarakan Peringatan Malam Nuzulul Qur’an. (13.04.2023)

Kegitan tersebut dihadiri oleh warga sekitar jamaah masjid Jami’ Baiturrohman dan beberapa tokoh agama dan masyarakat di dusun sundulan hadir juga para santri dari Majelis Dzikir Watta'lim Ar - Roudhotul Musthofawiyah. 300 jamaah lebih hadir sangat antusias mengikuti peringatan Nuzulul Qur’an ini.

Sebagai pengisi mauidhoh hasanah KH. Agus Abdullah Rubaidi Al Hafizh, beliau mengisahkan Dalam sebuah hadits riwayat Bukhari dan Muslim disebutkan bahwa Aisyah RA, istri Nabi Muhammad berkata: peristiwa awal turunnya wahyu kepada Rasulullah SAW adalah diawali dengan Ar-ru'yah ash-shadiqah (mimpi yang benar) di dalam tidur. Tidaklah Beliau bermimpi, kecuali yang Beliau lihat adalah sesuatu yang menyerupai belahan cahaya Shubuh. Dan di dalam dirinya dimasukkan perasaan untuk selalu ingin menyendiri.


Pengurus Masjid Jami’ Baiturrohman  Dusun Sundulan Desa Sumberagung Kecamatan Plumpang menyelenggarakan Peringatan Malam Nuzulul Qur’an. Foto : Yudianto.
 
Maka Nabi Muhammad memutuskan untuk berdiam diri di dalam Gua Hira. Beribadah di dalamnya pada malam hari selama beberapa hari dan untuk itu Beliau membawa bekal.

Setelah perbekalan habis, maka Beliau kembali dan mengambil bekal. Begitulah seterusnya sehingga kebenaran pun datang pada Beliau, yakni saat Beliau berada di dalam Gua Hira. Malaikat mendatanginya seraya berkata: "Iqra."

Maka Muhammad menjawab, "Aku tidak bisa membaca." Beliau menjelaskan: Lalu malaikat itu pun menarik dan menutupiku, hingga aku pun merasa kesusahan. Kemudian malaikat itu kembali lagi padaku dan berkata Iqra. Aku menjawab, "Aku tidak bisa membaca."

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Tuban di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut