get app
inews
Aa Read Next : Beri Penyuluhan Hukum, Program Jaksa Masuk Sekolah Sasar di Kecamatan Jenu

TPQ Al Alawiyah Cetak Santri Fasih Baca Tulis Al Qur'an

Jum'at, 28 April 2023 | 15:49 WIB
header img
Proses belajar mengajar TPQ Al Alawiyah Tuban. Foto : iNewsTuban. Yudianto

TUBAN, iNewsTuban.id - TPQ merupakan  wadah pembinaan mental dan moral para santri  sebagai  cikal  bakal  generasi  Islam  yang  mampu  membaca maupun menulis  Al-Quran  dan mengamalkannya  dalam  kehidupan  sehari-hari. Taman  Pendidikan  Al-Qur’an  atau  biasa  disingkat TPA/TPQ adalah lembaga atau kelompok masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan nonformal jenis keagamaan Islam yang bertujuan untuk memberikan pengajaran membaca, menulis Al-Qur’an sejak usia dini.

dini, serta memahami dasar-dasar  dinul  Islam  pada  anak  usia  taman kanak-kanak,  sekolah  dasar dan madrasah  ibtidaiyah  (SD/MI)  atau  bahkan  lebih tinggi.

TPQ Al Alawiyyah yang bertempat di Jl. Pasar Ikan no. 37 Kingking Tuban sudah lama berdiri, berawal dari masyarakat sekitar yang datang di rumah mbah uti Dian Badriyah Al Hafidzoh untuk belajar mengaji.

Dari banyaknya santri yang ingin belajar dirumah mbah uti Dian Badriyah Al Hafidzoh, tercetuslah berdirinya Yayasan Al Alawiyyah Al Marfuiyyah yang masih eksis sampai dengan saat ini.

Pada bangunan yang sederhana terbuat dari kayu, anak-anak dari TPQ Al Alawiyyah belajar ilmu agama, belajar baca tulis Al-Qur'an disana. Meskipun fasilitas disana serba terbatas tapi anak-anak selalu menunjukkan rasa semangat yang luar biasa untuk belajar agama.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Tuban di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut