get app
inews
Aa Read Next : Antisipasi Penyalahgunaan Narkoba di Bulan Ramadhan, Satreskoba Polres Tuban Razia Narkoba

Hari Wayang, Lestarikan Budaya Wayang, Pria di Tuban Membuat Wayang Dari Anyaman Bambu

Selasa, 07 November 2023 | 10:58 WIB
header img
Kastam dan sejumlah wayang dari anyaman bambu buah karyanya.

TUBAN, iNewsTuban.id - Untuk melestarikan budaya bangsa, seorang pria di Tuban, Jawa Timur membuat wayang dari anyaman bambu. Ia juga aktif menularkan keahlianya tersebut kepada anak-anak, yaitu membuat anyaman dari bambu.

Kastam, tampak sibuk membuat wayang akhir-akhir ini. Hal itu dilakukannya sebagai bentuk pelestarian budaya bangsa, berupa wayang.

Namun wayang yang ia buat, bukanlah wayang yang terbuat dari kulit maupun kertas. Seperti keahliannya, pria warga Desa Kebomlati, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur ini, membuat wayang dari anyaman bamboo, seperti kesehariannya sebagai pembuat anyaman bambu.


Wayang sebagai warisan budaya bangsa Indonesia, keberadaannya semakin tergerus oleh modernisasi dan kemajuan jaman. Oleh karena itu, Kastam melestarikan wayang dengan membuat wayang dari anyaman bambu.

Di sebuah kedai workshop yang ia kelola bersama Pokdarwis desa setempat, sehari-hari Kastam membuat kerajinan wayang, yang kini semakin hilang ditelan jaman.

Sesekali waktu saat ada kunjungan dari siswa sekolah SD, Kastam bersama warga yang lain, menularkan ilmunya tersebut sekaligus sebagai bentuk pelestarian budaya wayang.


"ini bikin wayang dari anyaman bambu, biasanya anak anak kan bikin wayang dari kertas, ini dari anyaman bambu," ujar Kastam, pembuat wayang anyaman bambu.

Wayang-wayang dari anyaman bambu buatanya tersebut tidak dijual. Namun saat ada kunjungan siswa dari sekolah-sekolah, Kastam memberikannya secara Cuma-cuma sebagai souvenir.

Untuk berlatih menganyam wayang maupun produk anyaman bambu lainnya, per-siswa dikenai tarif lima belas ribu rupiah dan mendapatkan suvenir dari Pokdarwis Desa Kebomlati.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Tuban di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut